Penilaian Atribut Usabilitas oleh Gamer First Person Shooter (FPS) Indonesia
Abstrak: Permainan elektronik
dalam komputer, terutama yang bergenre First Person Shooter (FPS) telah menjadi
salah satu perangkat lunak yang paling cepat berkembang dan secara ekonomis
palingsukses di Indonesia. Mengingat potensi manfaat ekonomi permainan FPS,
maka penting untuk merancang user interface sebaik mungkin untuk memenangkan
pasar. Maka, sangat penting untukmengetahui faktor antarmuka apa yang harus
dipertimbangkan dalam merancang sebuah game FPS. Faktor-faktor ini dapat
digunakan sebagai panduan merancang untuk pengembang game di Indonesia. Tujuan
dari makalah ini adalah untuk menemukan faktor antarmuka utama yang harus dipertimbangkan
dalam merancang sebuah game FPS terutama dari sudut pandang usabilitas danuntuk
menyarankan perbaikan user interface dalam game FPS saat ini. Empat puluh (40)
usabilty atribut dari kajian literatur secara kualitatif dikelompokkan menjadi
5faktor. Faktor-faktor tersebut adalah: Fitur Dasar FPS (BFF), Fitur Permainan
Dasar (BGF), Tampilan& Suara (D&S), Bantuan & Petunjuk (H&H),
dan Kesenangan (E). Pengujian usabilitas pada faktorfaktor dilakukan kepada
tiga kelompok pemain yang berbeda: Pemula, Berpengalaman, dan Ahli. Uji Mann-Whitney
dilakukan untuk memahami perbedaan kinerja untuk masing-masing kelompok. Hasilpengujian
menunjukkan bahwa BGF dan H&H tidak signifikan berbeda bagi semua kelompok.
Sedangkan untuk BFF, kelompok pemula cenderung memiliki preferensi yang berbeda
daripada kelompok lain karena tidak ada durasi waktu yang cukup diberikan pada
pengguna pemula mengakses fitur FPS. Untuk D&S, kelompok ahli cenderung
memiliki preferensi yang berbeda daripada kelompoklain. Beberapa saran
penelitian masa depan juga diusulkan dalam makalah ini.
Penulis: Paulina K. Ariningsih,
Yun P. Mulyani, Kristianto A. Nugroho, Chandra S. Rahardjo
Kode Jurnal: jptindustridd160172