PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MECHANICAL MATIC ENGINE MENGGUNAKAN ENGINE CUTTING 5.5 HP UNTUK DASAR MESIN 4 TAK

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskriptipkan media engine bensin Cutting 5.5 Hp. 2) pengembangan engine bensin 5.5Hp, 3) cara menvisualisasikan bagian-bagian dalam engine bensin 5.5 Hp, 4) cara menyatukan materi dengan praktik.
Desain penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Objek dalam penelitian ini adalah Mechanical Matic Engine. Fokus penelitian engine cutting 5.5 hp. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis data angket dan kuesioner.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media dengan engine cutting 5.5 Hp dilakukan dengan cara pengumpulan materi dan produk untuk dibuat engine cutting dengan cara pemotongan atau pembelahan bagian- bagian pada matic engine. Proses penyatuan materi dengan pengembangan engine cutting 5.5 Hp dapat memudahkan proses pembelajaran atau menvisualisasikan materi yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi oleh para ahli media menunjukkan presentase 88%. Dengan demikian, media dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dasar mesin 4 tak.
Kata kunci: Media Mechanical Matic Engine , Engine Cutting 5.5 Hp
Penulis: Yuyun Dwi Prabowo Bambang Sudarsono
Kode Jurnal: jptmesindd170131

Artikel Terkait :