HUBUNGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DAN BEKERJA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 PURWOREJO

Abstract: Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas SMK Negeri 4 Purworejo, 2) Untuk mengetahui hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat bekerja siswa kelas SMK Negeri 4 Purworejo, dan 3) Untuk mengetahui hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha dan bekerja siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian experimen yang juga menguji hipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan tertentu karena sesuatu sebab untuk memberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 54 siswa dan seluruhnya dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XISMK Negeri 4 Purworejo dengan t hitung sebesar 3,490 dan p=0,001. Karena p<0,05 menunjukkan hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo adalah signifikan. 2) Ada hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat bekerja siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo dengan t hitung 2,523 dan p=0,015. Karena p<0,05 menunjukkan hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo adalah signifikan. 3) Ada hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha dan bekerja siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo dengan F hitung sebesar 2,977 dengan p=0,046.
Kata kunci: Kompetensi, praktik, industri, minat, berwirausaha, bekerja
Penulis: Ryanda Ridho Pramono Suyitno
Kode Jurnal: jptmesindd170118

Artikel Terkait :