DIAKRONIK PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

ABSTRAK: Pendidikan Islam merupakan aspek penting yang menyebabkan agama ini masih tersus lestari hingga detik ini. Pendidikan Islam khususnya di Indonesia selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu baik dalam tujuan, metode maupun dasar filosofis yang dianut. Perbedaan yang terjadi itu merupakan fenomena yang wajar mengingat pendidikan Islam akan terus berubah dan berkembang seiring perkembangan konteks dan keadaan politik maupun sosial-budaya yang melingkupi.
Dalam artikel ini penulis melakukan pembahasan kajian kesejarahan pendidikan Islam di Indonesia dalam teori diakronik. Pokok pembahasan pada artikel ini adalah mengupas perbedaan arti “pendidikan Islam” di setiap kurun masa di Indonesia yaitu: masa awal masuknya Islam, masa penjajahan, masa kemerdekaan, masa orde baru dan masa revormasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah, arti “pendidikan Islam” selalu berubah dan mengalami perkembangan sesuai dengan konteks kondisi yang melingkupi. Pada era kemerdekaan penddikan Islam erat kaitannya dengan usaha-usaha mempertahankan kemerdekaan serta bagaimana mengharmonisasikan atara agama dengan nasionalisme. Sedangkan pada era reformasi, pendidikan Islam menaruh perhatian pada kajian keIslamam dalam konteks budaya dan peradaban serta pendidikan Islam yang humanis sebagai usaha menangglangi doktrin terorisme yang berkembang.
KATA KUNCI: DIAKRONIK, PENDIDIKAN ISLAM
Penulis: Adip Mu’ammar Habibi dan Aji Purnomo
Kode Jurnal: sppendidikan170004

Artikel Terkait :