PENGEMBANGAN BOOKLET MENGENAL BAHAYA MENGKONSUMSI MINUMAN KERAS DALAM LAYANAN INFORMASI UNTUK SISWA SMP

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Reserch and Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa Booklet mengenal Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras Dalam Layanan Informasi untuk Siswa SMP. Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi karena maraknya kasus minuman keras yang melibatkan kalangan remaja.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari prosedur pengembangan Borg & Gall (1983) yang disederhanakan menjadi lima tahap. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang akan digunakan sebagai media informasi yang kreatif dan inofatif. Adapun prosedur penelitian yang dilakukan yaitu analisis produk yang dikembangkan, pengembangan produk, uji validasi ahli materi dan media, uji validasi calon pengguna, Uji Sekala Kecil, revisi dan produk akhir.
Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi 1 dan 2 Bimbingan dan Konseling diperoleh rerata persentase kelayakan sebesar 85%. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 94,4%. Sedangkan hasil penilaian uji calon pengguna (BK) SMPN 1 Malinau Kotaa menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 86,3%, dan uji calon pengguna (siswa) diperoleh presentase kelayakan 83,8%. Jika skor tersebut diinterpretasikan dengan tabel kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005), skala tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian kesimpulan hasil penelitian ini adalah dihasilkannya produk berupa Booklet mengenal Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras Dalam Layanan Informasi untuk Siswa SMP.
Kata kunci: Booklet, layanan informasi, Bahaya Minuman Keras
Penulis: ADELINA DWI HARYATI
Kode Jurnal: jpbkdd170102

Artikel Terkait :