MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI BERMAIN BOWLING DAN KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK KUSUMA BANGSA PLANDAAN JOMBANG

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi pada  Kelompok A TK Kusuma Bangsa  Plandaan Jombang  diketahui bahwa  kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil proses pembelajaran mengenal lambang  bilangan anak  yang mampu mengenal lambang  bilangan hanya 5 anak atau 30% dari 18 anak. Realitas  ini disebabkan oleh pembelajaran berpusat pada lembar kegiatan anak (LKA).  Salah  satu  metode  yang  digunakan  untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 adalah  bermain bowling dan kartu bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bermain bowling dan kartu bergambar dapat  meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang.
Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam siklus berulang yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas  4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok A TK Kusuma Bangsa  Plandaan Jombang berjumlah  18 anak, ,yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi  sedangkan teknik analisis datanya menggunakan  statistik deskriptif.
Berdasarkan penelitian pada  siklus I,  kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak sebesar  61%. Hasil ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak yaitu 75%,  sehingga dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-10  meningkat menjadi  89%.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat  disimpulkan bahwa bahwa bermain bowling dan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Kusuma Bangsa Plandaan Jombang.
Kata kunci: pengenalan lambang bilangan 1-10,  bermain bowling dan kartu bergambar
Penulis: Nur Sopiah, Rohita Rohita
Kode Jurnal: jppaudsddd141423

Artikel Terkait :