MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK CERDAS DI PAUD AL AMIN MELALUI METODE LATIHAN

Abstract: Penelitian pada  kelompok cerdas di PAUD Al Amin, di latar belakangi  oleh adanya kecenderungan anak yang tidak berperilaku disiplin khususnya dalam  kegiatan berbaris di depan  kelas, meletakkan sepatu di rak sepatu, duduk melingkar ketika circle time, duduk dikursi, mengambil dan  mengembalikan alat ke loker masing-masing, dan membuang sampah di keranjang sampah. Di PAUD Al Amin metode latihan belum pernah di terapkan secara terencana, oleh sebab itu peneliti  menggunakan metode latihan untuk meningkatkan kedisiplinan  anak kelompok cerdas di PAUD Al Amin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan anak kelompok cerdas di PAUD Al Amin dapat ditingkatkan, melalui metode latihan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok  cerdas PAUD Al amin, yang  berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak  perempuan. Tehnik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil data penelitian pada siklus I persentase aktivitas anak dalam berperilaku disiplin mencapai 70%. Hal ini menunjukkan penelitian ini belum berhasil karena belum mencapai kriteria keberhasilan yaitu 80%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II di peroleh data kemampuan disiplin anak sebesar  91%. Berdasarkan hasil dari Analisis data siklus II maka penelitian ini di nyatakan berhasil dan dapat di simpulkan bahwa melalui metode latihan dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok cerdas di PAUD Al amin.
Kata Kunci: Kedisiplinan Anak, Metode Latihan
Penulis: Naning Sutatik, Rachma Hasibuan
Kode Jurnal: jppaudsddd141454

Artikel Terkait :