PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum var. citra asia F1) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DENGAN PENAMBAHAN KOMPOS SAMPAH ORGANIK BERSTIMULATOR EM4

Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik tandan kosong kelapa sawit dengan penambahan kompos sampah organik berstimulator Em4 dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Solanum lycopersicum var. citra asia F1) dan untuk mengetahui berapakah dosis optimal pemberian pupuk organik tandan kosong kelapa sawit dengan penambahan kompos sampah organik berstimulator em4 yang dibutuhkan untuk tanaman tomat (Solanum lycopersicum var. citra asia F1) yang dilaksanakan di Huta 1 Desa/kelurahan Pematang Kerasaan Rejo Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun dan dilaksanakan pada bulan Desember - Februari 2016.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial dengan 4 perlakuan dan 24 sampel, dengan memberikan perlakuan pupuk organik tandan kosong kelapa sawit  dengan penambahan kompos sampah organik berstimulator Em4 dengan perlakuan yaitu P0=0 gr (control), P1 = 2 kg pupuk organik TKKS + 1 kg kompos sampah organik, P2 = 4 kg pupuk organik TKKS  + 2 kg kompos sampah organik , dan P3 = 6 kg pupuk organik TKKS + 3 kg kompos sampah organik . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Varian (ANAVA). Yij =  Kemudian dilanjutkan dengan uji coba BNT (Beda Nyata Terkecil).
Dari hasil uji statistik dengan pemberian pupuk organik tandan kosong kelapa sawit dengan penambahan kompos sampah organik berstimulator Em4 berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun (Helai), jumlah cabang, jumlah buah, diameter buah, berat buah tomat (Solanum lycopersicum var. citra asia F1). Dosis optimal pupuk organik tandan kosong kelapa sawit dengan penambahan kompos sampah organik berstimulator Em4 yaitu  2 kg pupuk organik TKKS + 1 kg kompos sampah organik dengan tinggi tanaman 83,16 cm, jumlah helai daun 123,16, jumlah cabang 13,66,  jumlah buah 8,66, diameter buah 35,42 mm, dan berat buah 661,66 gr.
Kata Kunci: Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat, Pupuk Organik, Tandan  Kosong Kelapa Sawit (TKKS), EM4
Penulis: Hayati Solecha Harahap, Nusyrwan
Kode Jurnal: jpbiologidd160368

Artikel Terkait :