PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INTRUCTION TENTANG STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJOSARI

Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk media computer assisted instruction (CAI) dengan menggunakan model tutorial yang layak dan efektif dalam proses pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Sasaran pengembangan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Mojosari.
Hasil uji validasi ahli materi I memperoleh kategori sangat baik, ahli media II memperoleh kategori sangat baik, ahli media I memperoleh kategori sangat baik, ahli media II memperoleh kategori sangat baik, hasil uji perorangan dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 90% , hasil uji kelompok kecil dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 91,91%, hasil uji kelompok besar dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 89,95%. Maka dari hasil pengembangan media CAI mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII perlu dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media CAI, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan, Kelas VIII
Penulis: Faradita Ardina C
Kode Jurnal: jppendidikandd170319

Artikel Terkait :