PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PERIJINAN DAN PENANAMAN MODAL DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DI SAMARINDA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pengawasan terhadap kinerja pegawai pada Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah(BPPMD) Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. Penelitian ini dilakukandengan menggunakan alat analisis regresi sederhana untuk mencari persamaanregresinya. Kemudian untuk melihat tingkat pengaruh digunakan koefisienkorelasi pearson product moment. Kemudian untuk mengetahui besar kecilnyakontribusi atau pengaruhnya digunakan rumus koefisien determinan selanjutnyauntuk pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai rhitung dengan nilai rtabel.
Hasil penelitian ini menghasilkan persamaan dan nilai-nilai sebagai berikut. Diperoleh persamaan regresi Ŷ = 2,084 + 0,582 X. Dan nilai koefisienkorelasi (r) sebesar 0,463 dan koefisien determinan sebesar 21,4% pengawasanmempengaruhi kinerja pegawai BPPMD. Pada uji hipotesis menghasilkanperbandingan yaitu rhitung sebesar 0,463 > rtabel (terlampir) sebesar 0,297 dengantaraf signifikansi 5%, Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak yang artinya bahwa pengawasanberpengaruh terhadap kinerja pegawai BPPMD Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. Berdasarkan penelitian ini disarankan hendaknya meningkatkan kinerja pegawai dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan serta peningkatan pengawasan dilakukan secara bertahap.
Kata Kunci: Pengawasan dan Kinerja Pegawai
Penulis: Abdul Malik
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141450

Artikel Terkait :