HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BANTUL

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara: (1) lingkungan belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran, (2) minat belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran, dan (3) lingkungan belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih. Responden penelitian adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan korelasi ganda.
Hasil penelitian ini adalah: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,620 dan thitung 6,275 > ttabel 1,998; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan nilai rx2y sebesar 0,607 dan dan thitung 6,058 >  ttabel 1,998; dan (3) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,701 dan nilai Fhitung 29,914 > Ftabel 3,15.
Kata kunci: prestasi belajar, lingkungan belajar, minat belajar
Penulis: DANIK RATRI WULANDARI
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd151836

Artikel Terkait :