PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

Abstrak: Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media dengan materi rangkaian dasar gerbang logika di SMK Negeri 3 Jombang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen Teknik Elektronika dan 2 guru SMKN 3 Jombang  sebagai  validator media  lalu  diuji cobakan terbatas  pada  20 siswa kelas x program keahlian Elektronika Industri SMK Negeri 3 Jombang. Media pembelajaran interaktif memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh presentase penilaian > 62,5% dan  memperoleh  respon positif siswa > 62,5%.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire yang telah divalidasi dengan hasil rating dari format media sebesar 84,37%, materi media sebesar 81,25%, aspek bahasa sebesar 81,25%, dan pada animasi media sebesar 87,5. Sehingga secara umum media yang  dikembangkan  dikategorikan  sangat  baik  dengan  hasil  rating  rata-rata 84%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 86,19%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, Research and Development
Penulis: Akbar Romadhan, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150347

Artikel Terkait :