SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMPUT TERBAIK UNTUK PEMBUATAN TAMNA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

ABSTRAK: Sistem  pendukung  keputusan  (SPK)  adalah  bagian  dari  sistem  informasi  berbasis  komputer  termasuk sistem  berbasis  pengetahuan  atau  manajemen  pengetahuan  yang  dipakai  untuk  mendukung  pengambilan keputusan  dalam  suatu  organisasi  atau  perusahaan.  Dapat  juga  dikatakan  sebagai  sistem  komputer  yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi terstruktur yang spesifik. Kemampuan  sistem  pendukung  keputusan  membantu  pemilihan  rumput  terbaik  untuk  pembuatan taman.  Bantuan  sistem  pendukung  keputusan  bisa  dirasakan  lebih  cepat  dan  akurat  jika  sistem  pendukung keputusan berbentuk komputer. Kemampuan komputer dalam mengolah data-data untuk menghasilkan informasi yang sudah tidak diragukan lagi. Komputer sebagai alat bantu dapat mengolah data berdasarkan software yang dimasukan  ke  dalam  komputer,  untuk  menghasilkan  alternatif  keputusan  dalam  memilih  rumput  terbaik  untuk pembuatan  taman,  diperlukan  software  yang  dapat  menghasilkan  alternatif  keputusan  untuk  memilih  rumput terbaik untuk pembuatan taman.
Metode Analytical Hierarchy Process(AHP) adalah suatu metode yang digunakan dalam perancangan sistem pendukung keputusan. Konsep yang digunakan metode AHP adalah merubah nilai kualitatif menjadi nilai kuantitatif.  Sehingga  keputusan  yang  diambil  bisa  lebih  obyektif.  AHP  sering  digunakan  sebagai  metode pemecahan  masalah  dibanding  dengan  metode  yang  lain  karena  alasan-alasan  serperti:  Struktur  yang berhirarki, sebagai konsekuesi dari kriteria yang dipilih, sampai pada subkriteria yang paling dalam. 
Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Rumput Terbaik, AHP
Penulis: Intan Pratiwi  
Kode Jurnal: jptinformatikadd150474

Artikel Terkait :