Rancang Bangun Alat Pengontrol Polaritas Loud Speaker Berbasis Atmega8535

Abstrak: Semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya kesibukan manusia membuat orang berpikir untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satu cara mempermudah pekerjaan adalah menjadikan suatu alat mekanik menjadi piranti otomatis. Piranti otomatis dapat membuat pekerjaan lebih cepat dan efisien, selain itu sistem otomatis akan menekan biaya tenaga kerja.
Setiap speaker audio pasti mempunyai polaritas kutub yang biasa kita sebut  sambungan positif dan negatif speaker. Kutub positif  bisanya ditandai dengan tulisan (+) di konektornya dan berwarna merah. Kutub negatif ditandai tulisan (-) di konektornya dan berwarna warna hitam. Pada dasarnya speaker di pasang sembarang atau bolak-balik polaritasnya sama-sama bias bunyi. Tetapi jika jumlah speaker lebih dari satu akan terjadi pengurangan besaran output yang di hasilkan speaker . Sehingga dalam berkembangnya teknologi maka dirancang sebuah alat yang akan diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari agar mengetahui perbedan antara output suara yang keluar dari speaker yang polaritasnya terbalik dan polaritas yang benar.
Dari hasil pembuatan alat ini adalah dihasilkan alat pengontrol yang dapat merubah kutub positif (+) dengan kutub negative (-) apabila polaritas speaker terbalik dan penguji polaritas loud speaker untuk mempermudah dan mengetahui suatu polaritas speaker terbalik atau tidak terbalik.
Kata Kunci: Integrated Circuit (IC), Perancangan, Polaritas, Sensor, Speaker dan Suara
Penulis: Rivo Y. Rurut, Elia K. Allo, Sherwin R.U.A. Sompie
Kode Jurnal: jptkomputerdd160106

Artikel Terkait :