PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT PENILAIAN PORTOFOLIO MELALUI EVALUSI DIRI DAN UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I

ABSTRAK: Tujuan kegiatan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Umum I di Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan T.A. 2012/2013; 2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dengan penilaian portofolio melalui evaluasi diri dan umpan balik; dan 3)mengetahui respon mahasiswa tentang penilaian portofolio.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, sampel penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan fisika kelas A angkatan 2012/2013 yang mengikuti matakuliah Fisika Umum I. Instrumen yang digunakan selama penelitian adalah; (1) Instrumen penilaian tanya jawab, (2) Instrumen penilaian diskusi, (3) Instrumen penilaian kinerja, (3) Instrumen penilaian proyek, (4) Instrumen penilaian produk, (5) Tes hasil belajar, (6). Angket evalusi diri individu, (7) Angket evaluasi diri dalam kelompok, dan (8) Angket respon mahasiswa terhadap penilaian portofolio. Materi Penelitian yang dikaji dalam penelitian ini: Kinematika, Dinamika Partikel dan Suhu dan Kalor.
Hasil penelitian selama  perkuliahan Fisika Umum I ini menggambarkan  ada peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dan hasil belajar  mahasiswa dari penerapan penilaian Portofolio. Hasil yang dicapai pada materi Kinematika, penilaian tanya jawab diperoleh rata-rata 75,83 dengan kategori cukup kompeten. Penilaian diskusi diperoleh rata-rata 59,17 dengan kategori tidak kompeten. Penilaian kinerja diperoleh rata-rata nilai 78,55 dengan kategori cukup kompeten. Penilaian proyek diperoleh rata-rata 77,71 dengan kategori cukup kompeten. Nilai formatif diperoleh rata-rata 71,00 dengan kategori cukup kompeten. Pada materi Dinamika diperoleh hasil, penilaian tanya jawab diperoleh nialai rata-rata 78,68 dengan kategori cukup kompeten. Penilaian diskusi diperoleh rata-rata 72,50 dengan kategori cukup kompeten. Penilaian kinerja diperoleh rata-rata nilai 87,50 dengan kategori kompeten. Penilaian proyek diperoleh rata-rata 87,71 dengan kategori kompeten. Nilai formatif diperoleh rata-rata 83,29 dengan kategori kompeten. Kemudian pada materi Suhu dan Kalor diperoleh hasil penilaian tanya jawab diperoleh nialai rata-rata 82,49 dengan kategori kompeten. Penilain diskusi diperoleh rata-rata 82,22 dengan kategori kompeten. Penilaian kinerja diperoleh rata-rata nilai 89,97 dengan kategori kompeten, penilaian proyek diperoleh rata-rata 89,38 dengan kategori kompeten. Penilaian produk diperoleh rata-rata 87,08 dengan kategori kompeten. Dalam penelitian ini terjadi peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa.
Adanya peningkatan aktivitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa dari materi satu ke materi yang lain, akibat adanya penyempurnaan kegiatan melalui penilaian portofolio. Penerapan penilaian portofolio melalui evaluasi diri dan umpan bali dapat memberi pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Umum I.
Kata kunci: penilaian portofolio, evaluasi diri dan umpan balik, pembelajaran fisika
Penulis: Sabani
Kode Jurnal: jpfisikadd140181

Artikel Terkait :