PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHANKEPALA DAERAH KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2013 DI KELURAHAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Timur Tahun 2013 di Kelurahan Sambutan Kota Samarinda terutama dalam hal pemberian hak suara, partisipasi dalam pengetahuan politik dan keikutsertaan sebagai anggota partai politik dan tim sukses/tim kampanye.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi.Kuesioner disebarkan kepada 100 orang (responden) masyarakat Kelurahan Sambutan.Dan penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Timur Tahun 2013 sudah cukup baik, hal tersebut dapat tergambar dari pemberian hak suara, partisipasi dalam pengetahuan politik dan keikutsertaan sebagai anggota partai politik dan tim sukses/tim kampanye.
Kata Kunci: Partisipasi Politik, Masyarakat, Pemilihan Kepala Daerah
Penulis: Tri Wardana
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd140324

Artikel Terkait :