PENGARUH FASILITAS KESEHATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSKESMAS BONTANG UTARA II DI KECAMATAN BONTANG UTARA KOTA BONTANG

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas kesehatan terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Bontang Utara II di Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang. Populasi yang di ambil dalam penelitian ini mengunakan teknik Sensus dari keseluruhan pegawai puskesmas yang berjumlah 48 orang yang di jadikan sempel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi statistik parametris, yaitu koefisien korelasi product moment dan analisis regresi sederhana., kemudian untuk membuktikan kebenaran hipotesis maka dilakukan pengujian dengan rumus Uji-T (t – tes).
Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diketahui bahwa kedua variabel yaitu fasilitas kesehatan (x) dan kinerja pegawai (y) mempunyai pengaruh yang positif, hal ini dibuktikan dengan r = 0,447 dimana pedoman untuk memberikan interpretasi yang dikemukakan oleh Sugiyono berada pada interval 0,40 – 0,599 yang termasuk dalam kategori sedang.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, fasilitas kesehatan dan kinerja pegawai pada Puskesmas Bontang Utara II di Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang termasuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu fasilitas kesehatan yang ada harus dipertahankan dan terus dilengkapi agar kinerja pegawai yang telah baik dapat dipertahankan dan menjadi semakin lebih baik.
Kata Kunci: Fasilitas Kesehatan, Kinerja Pegawai, dan Product Moment
Penulis: Hendri Susanto
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd130808

Artikel Terkait :