BUDAYA JAWA DALAM FILM JAVA HEAT (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)

Abstrak: Film  adalah  karya  seni  budaya  yang  merupakan  pranata  sosial  dan  media komunikasi  massa  yang  dibuat  berdasarkan  kaidah  sinematografi,  dengan  atau tanpa suara dan dapat dipertunjukkan. Sebuah film yang diproduksi di Negara lain tentunya  turut  membawa  budaya  lokal  di  daerah  setempat,  guna  memenuhi  asas kesesuaian  dalam  sinematografi  yang  bertujuan  untuk  pencapaian  nilai  estetika yang  tinggi  pada  film.  Hal  inilah  yang  terjadi  pada  Java  Heat,  sebuah  film Hollywood  karya  Sutradara  Amerika  yang  di  dalamnya  banyak  mengangkat budaya Jawa.
Adapun fokus penelitian yang hendak dikaji pada penelitian ini  adalah: (1) Bagaimana  budaya  Jawa  ditampilkan  dalam  film  Java  Heat?  dan  (2)  Pesan  apa yang ingin disampaikan Conor Allyn dalam film Java Heat?
Untuk  menjawab  fokus  penelitian  tersebut,  maka  peneliti  menggunakan metode  analisis  framing  model  Zhongdang  dan  Kosicki  dengan  pendekatan paradigma kritis.
Hasil  penelitian  yang  ditemukan  antara  lain:  (1)  Ditampilkannya  budaya Jawa dalam bentuk fisik dan non fisik, meliputi: icon Jawa, bahasa, kesenian, dan nilai-nilai yang dianut masyarakat Jawa; (2) pesan yang tersampaikan dalam film ini adalah Conor Allyn yang ingin memperburuk citra islam melalui tokoh muslim ciptaannya  yang  banyak  berbuat  kejahatan,  namun  disamarkan  identitasnya dengan memilih pemain dari Amerika. Bertitik  tolak  dari  penelitian  ini,  saran  dari  peneliti  untuk  penulis  naskah film  agar  lebih  memperhatikan  unsur  SARA  dalam  membuat  film,  mengingat Indonesia  adalah  Negara  yang  kaya  akan  keragaman  suku,  agama,  dan  budaya. Dan untuk Sineas Indonesia agar lebih peka dalam mengangkat tema yang ada di Indonesia  ketika  membuat  sebuah  film,  mengingat  Conor  Allyn  Sutradara  dari Amerika  saja  mampu  membuat  film  tentang  Indonesia  yang  begitu  menarik, hingga bisa mempromosikan tempat pariwisata di Indonesia.
Kata Kunci: Budaya Jawa, Film Java Heat, Framing
Penulis: Lilik Hamidah, Eva Masykurotin Azizah
Kode Jurnal: jpkomunikasidd130005

Artikel Terkait :