UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI

Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri harus ditingkatkan. Lindenfield  (1997)  menjelaskan  ada  beberapa  hal  yang  harus diperhatikan  dalam  meningkakan  atau  mengembangkan  kepercayaan  diri diantaranya sebagai berikut:
Cinta 
Yang  penting  bukan  besarnya  jumlah  cinta  yang  diberikan,  tetapi  mutunya. Individu  perlu  terus  dicintai  tanpa  syarat,  untuk  perkembangan  harga  diri yang  sehat  dan  langgeng,  mereka  harus  merasa  dihargai  karena  keadaan mereka  sesungguhnya,  bukan  keadaan  mereka  yang  seharusnya,  bukan keadaan mereka yang sesungguhnya atau yang diinginkan orang lain.
Rasa aman
Ketakutan  dan  kekhawatiran  merupakan  hal  yang  berpengaruh  terhadap kepercayaan  diri  individu.  Individu  yang  selalu  khawatir  bahwa  kebutuhan dasar mereka tidak akan terpenuhi, atau dunia lahiriah atau batiniah mereka setiap  saat  akan  hancur.  Akan  sulit  mengembangkan  pandangan  positif tentang  diri  mereka,  orang  lain,  dan  dunia  pada  umumnya.  Bila  indvidu merasa aman, mereka secara tidak langsung akan mencoba mengembangkan kemampuan  mereka  dengan  menjawab  tantangan  serta  berani  mengambil resiko.
Model peran
Mengajar lewat contoh adalah cara paling efektif agar anak mengembangkan sikap dan ketrampilan sosial yang diperlukan untuk percaya diri. Dalam hal ini peran orang lain sangat dibutuhkan untuk dijadikan contoh bagi individu dalam meningkatkan kepercayaan dirinya. 
Hubungan
Untuk  mengembangkan  rasa  percaya  diri  terhadap  “segala  macam  hal”, individu  jelas  perlu  mengalami  dan  bereksperimen  dengan  beraneka hubungan dari yang dekat dan akrab di rumah, teman sebaya, maupun  yang lebih asing. Melalui hubungan, individu juga membangun rasa sadar diri dan pengenalan diri yang merupakan unsur penting dari rasa percaya diri batin.
Kesehatan  
Untuk bisa menggunakan kekuatan dan bakat kita, kita membutuhkan energi. Jika  individu  dalam  keadaan  sehat,  bisa  dipastikan  bahwa  ia  akan mendapatkan  lebih  banyak  perhatian,  dorongan  moral,  dan  bahkan kesempatan dalam masyarakat atau lingkungan sekitarnya.

Artikel Terkait :