PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH TIKUS

Ada beberapa Penyakit Yang Disebabkan Oleh Tikus. Tikus berperan sebagai tuan rumah perantara untuk beberapa jenis penyakit yang dikenal  Rodent Borne Disease. Penyakit-penyakit yang  tergolong Rodent Borne Disease antara lain:
 Penyakit  pes (Plague)
Penyakit pes disebabkan oleh  Pasteurella pestis/Yersinia pestis yang terdapat pada pinjal dimana pinjal  tersebut berasal dari tikus yang mati. Pinjal dalam hidupnya memerlukan darah sehingga emungkinkan untuk dapat berpindah ke tubuh manusia, dan jika menggigit manusia maka dapat tertular penyakit pes.
Leptospirosis
Penyakit leptospirosis disebabkan oleh infeksi  Leptospira pada tubuh tikus yang berkembangbiak pada ginjal tikus dan kemudian dikeluarkan melalui urine. Leptospira  dapat hidup untuk beberapa waktu lama pada tanah lembab, basah atau air. Penularan kepada manusia terjadi melalui selaput lendir atau luka di kulit.
Scrub typhus
Sama halnya pada pes,  Scrub typus tidak hanya melibatkan tikus. Penyakit  scrub typhus  disebabkan oleh  Rickettsia  yang hidup pada salah satu vektor tungau (Mite) yang bernama  Trombiculla akamishi  atau Trombiculla deliensis.  Pada stadium dewasa  hidupnya bebas di tanah tetapi stadium larva hidup dari darah tikus. Jika  Trombiculla  terkena  Rickettsia maka akan berkembangbiak. Larva yang keluar akan mencari host baru dan larva yang membawa Rickettsia  akan menghisap darah manusia karena tidak menemukan.
Murine typhus
Penyebab penyakit ini adalah  Rickettsia mooseri, merupakan penyakit yang dekat hubungannya dengan penyakit pes sehingga kemungkinan infeksinya dapat terjadi secara bersamaan, karena vektor maupun hostnya juga sama dengan penyakit pes yaitu  Xenopshylla cheopis  dan  Rattus tanezumi.
Rat Bite Fever
Termasuk jenis demam yang disebabkan oleh  Spirillum minus  yang masuk melalui gigitan tikus. Penyakit demam tikus lainnya yang disebut sebagai  Haverhill fever yaitu disebabkan oleh  Streptobacillus moniliformis. Sumber infeksi berasal dari  air ludah atau  cairan hidung tikus yang terinfeksi.
Salmononellosis
Penyakit infeksi pada manusia/binatang yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhimurium, dan dikenal dengan infeksi keracunan makanan. Salmonellosis pada manusia adalah khas dengn gastroenteritis yang akut, sakit perut, diare, pusing, muntah-muntah dan demam serta dehidrasi terutama pada bayi. Tikus dapat menyebabkan infeksi pada manusia melalui kotoran/urine yang mengkontaminasi makanan.                                                          
Lymphocytic choriomeningitis
Penyakit virus pada binatang terutama tikus yang dapat ditularkan pada manusia. Penyakit ini sering dimulai  dengan serangan seperti influenza. Penderita dengan meningo-encephalitis menjadi mengantuk, reflek, terganggu, paralisis dan kulit sensitif.  
Rabies
Ditularkan melalui gigitan tikus yang terinfeksi virus rabies.

Artikel Terkait :