PENGERTIAN SEMIOTIK

Ada beberapa Pengertian Semiotik. Pada umumnya, Karya sastra merupakan sistem tanda yang mempunyai makna yang mempergunakan medium bahasa. Bahasa sebagai medium karya sastra juga sudah merupakan sistem semiotik atau ketandaan, yaitu sistem ketandaan yang mempunyai arti, misalnya ketika mengkaji dan memahami puisi tidak lepas dari analisis semiotik. Puisi seperti telah dikemukakan merupakan struktur tanda-tanda yang bersistem dan bermakna. Memahami puisi tidak lain memahami makna puisi. Menganalisis puisi adalah usaha untuk menangkap makna yang ada dalam puisi tersebut. Makna puisi adalah arti yang timbul dari susunan bahasa berdasarkan struktur kesusastraannya, yaitu arti yang tidak hanya mempunyai arti bahasa melainkan berisi arti tambahan berdasarkan kesusastraan yang bersangkutan. Dengan demikian dalam  mengkaji dan memahami sebuah puisi diperlukan analisis struktural atau semiotik mengingat puisi merupakan struktur tanda-tanda yang bermakna.  
Ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda itu adalah semiotik. Ilmu ini menganggap bahwa fenomena sosial atau masyarakat dan kebudayaan itu merupakan tanda-tanda. Semiontik itu mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan yang memungkinkan tanda-tanda tersebut mempunyai arti.  Semiotik berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu  semeion yang berarti tanda atau  sign dalam bahasa Inggris. Semiotik juga merupakan ilmu yang mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dan ekspresi. Dalam penelitian sastra, pendekatan semiotik khusus meneliti sastra yang dipandang  memiliki sistem sendiri, sedangkan dalam sistem tersebut berurusan dengan masalah teknik, mekanisme penciptaan, masalah ekspresi, dan komunikasi.
Menurut Eagleton, Semiotik atau semiologi berarti ilmu tanda-tanda (sign) secara sistematik. Semiotik menunjukkan bidang kajian khusus, yaitu sistem yang secara umum dipandang sebagai tanda, seperti puisi, rambu-rambu lalu lintas dan nyanyian burung.
Tokoh yang dianggap sebagai pendiri semiotik adalah dua orang yang tidak saling mengenal dan mempengaruhi,  yaitu; Ferdinand de Saussure (1857-1913) seorang ahli linguistik dan Charles Sander Pierce (1839-1914) seorang ahli filsafat. Kedua sarjana tersebut menggunakan istilah yang berbeda. Saussure menggunakan istilah semiologi sedangkan Pierce menggunakan istilah semiotika, tetapi dalam perkembangan selanjutnya istilah semiotikalah yang populer. Pierce mengatakan bahwa semiotik merupakan  paduan atau sinonim kata logika.
Menurut Pierce, logika harus mempelajari bagaimana orang menalar, dan penalara itu dilakukan melalui tanda-tanda. Menurutnya tanda-tanda tersebut memungkinkan manusia untuk berpikir,  berhubungan dengan orang lain, dan memberikan makna.  Sedangkan menurut Saussure bahwa semiotik atau semiologi adalah ilmu yang mempelajari apa yang membentuk  tanda beserta kaidah-kaidah yang mengaturnya. 
Menurut Abarams (1981), bahwa pengertian semiologi adalah ilmu yang mempelajari tanda beserta fungsi  secara umum pada seluruh bidang kehidupan. Bagi Abarams cakupan semiologi sangat luas. Semiologi tidak hanya berhubungan dengan sistem komunikasi seperti bahasa, huruf morse, atau rambu-rambu lalulintas, namun menurut  beliau semiologi juga berhubungna dengan aneka ragam perilaku manusia, seperti  gerak tubuh, cara berpakaian, ciri khas makanan, bentuk bangunan yang seluruhnya itu memiliki arti di dalam kemasyarakataan.
Berdasarkan pernyataan-pernyataan diatas semiotik adalah ilmu tentang tanda-tanda, dan tanda tersebut memiliki dua aspek, yaitu; penanda (signifier) dan petanda (signified).  Penanda adalah bentuk formal dari yang menandai sesuatu yang disebut petanda, sedangkan petanda  adalah sesuatu yang ditandai oleh penanda itu yaitu artinya. Contohnya kata “ibu” yang merupakan tanda berupa satuan bunyi yang menandai arti : ”sebutan bagi orang yang telah melahirkan kita”.
Tanda tersebut tidak hanya satu  macam saja, tetapi ada beberapa berdasarkan hubungan antara penanda dan  petandanya. Jenis-jenis tanda yang utama adalah:
  1. Ikon ini ada kemiripan dengan tanda. Tanda tersebut memang mirip dengan ikon atau merupakan gambar atau arti langsung dari petanda. Misalnya foto merupakan gambaran langsung dari  orang yang difoto. Ikon dibedakan menjadi tiga macam yaitu ikon tipologis, kemiripan yang tampak di sini adalah relasional, jadi, di dalam  tanda tampak juga hubungan antaraunsur-unsur yang di acu, contohnya susunan  kata dalam kalimat. Ikon metaforis adalah ikon yang tidak ada kemiripan  antara tanda dengan acuan melainkan antara dua acuan oleh tanda yang sama, seperti kata kancil yang mempunyai acuan ‘binatang kancil’ dan sekaligus pula ‘kecerdikkan’, dan ikon diagramatis berdasarkan persamaan struktur, misalnya diagram. 
  2. Indeks adalah tanda yang menunjukkan hubungan kasual (sebab-akibat) antara penanda dan petandanya, misalnya asap menandai api. Contoh lain: mendung merupakan tanda bagi hari akan hujan, panah menjadi tanda petunjuk jalan. Dalam sastra, gambaran suasan muram biasanya merupakan indeks bahwa tokoh sedang bersusah hati.
  3. Simbol adalah tanda yang menunjukkan bahwa tidak ada hubungan alamiah antara penanda dan petandanya, hubungannya bersifat arbiter (semau-maunya), contohnya bahasa merupakan simbol yang paling lengkap, terbentuk secara konvesional, hubungan kata dengan artinya dan sebagainya.
Ada tiga macam symbol yang dikenal, yakni (a) symbol pribadi, misalnya seorang menangis bila mendengar lagu gembira karena lagu itu telah menjadi lambing pribadi ketika orang yang dicintainya meninggal dunia, (b) simbol pemufakatan, misalnya Jepang = Negara Matahari terbit, Yamato Nadeshiko = Gadis Jepang, (c) simbol universal, misalnya kembang adalah lambing cinta, dan laut adalah lambang kehidupan yang dinamis. Arti sebuah simbol juga ditentukan oleh masyarakat. Misalnya kata ibu berarti ‘orang yang melahirkan kita’ itu terjadi aataskonvensi atau perjanjian masyarakat bahasa Indonesia, masyarakat Jepang menyebutnya  haha atau  Okaasan, masyarakat Inggris: mother, Perancis: la mere.   

Artikel Terkait :