PENGERTIAN GELOMBANG BUNYI

Pengertian Gelombang bunyi (Akustik) adalah gelombang yang dirambatkan sebagai gelombang mekanik longitudinal yang dapat berjalan dalam medium padat, cair dan gas. Gelombang bunyi ini merupakan variasi/getaran molekul-molekul zat dan saling beradu satu sama lain namum demikian zat tersebut terkoordinasi rnenghasilkan gelombang serta mentrasmisi energi bahkan tidak pernah terjadi perpindahan partikel.
Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal sehingga mempunyai sifat-sifat dapat dipantulkan (reflection), dapat dibiaskan (refraction), dapat dilenturkan (difraction), dan dapat dibiaskan (interferention). Komponen bunyi berupa sumber bunyi, pengantar, frekuensi, kekuatan bunyi, dan timbre.
Pada Binatang menggunakan gelombang bunyi/suara untuk memperoleh perubahan informasi dan untuk mendeteksi lokasi dari suatu objek. Misalnya tikus menggunakan gelombang bunyi untuk mengemudi dan menentukan lokasi makanan.
Bunyi juga merupakan salah satu bentuk energi. Energi bunyi didapat dari perubahan beberapa energi seperti listrik dan kimia. Di dalam pengubahannya tentu saja menggunakan alat. Misalnya membuat bel untuk mengubah energi listrik menjadi energi suara. Bel dapat dibuat dengan menggunakan beberapa komponen dan langkah-langkah yang sistematis.

Artikel Terkait :