KOMPONEN-KOMPONEN SIKAP

Ada beberapa komponen-komponen sikap. Menurut Mar’at (1984), sikap memiliki tiga komponen penting, yaitu  sebagai berikut:
  1. Komponen kognisi, komponen yang berhubungan dengankeyakinan, ide dan konsep.
  2. Komponen afeksi, komponen yang menyangkut kehidupanemosional seseorang.
  3. Komponen konasi, komponen yang merupakan kecenderunganbertingkah laku.
Walgito (2004), menyatakan bahwa sikap mengandung tiga komponen, yaitu sebagai berikut:
  1. Komponen kognitif (komponen perseptual), yaitu komponen yangberkaitan dengan pengetahuan, pandangan, keyakinan, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana orang mempersepsi terhadap obyek sikap.
  2. Komponen afektif (komponen emosional), yaitu komponen yangberhubungan dengan rasa senang atau tidak senang terhadap obyeksikap. Rasa senang merupakan hal yang positif, sedang rasa tidak senang merupakan hal yang negatif.
  3. Komponen konatif (komponen perilaku), yaitu komponen yangberhubungan dengan kecenderungan bertindak terhadap obyeksikap. Komponen ini menunjukkan intensitas sikap, yaitumenunjukkan besar kecilnya kecenderungan bertindak atauberperilaku seseorang terhadap obyek sikap.
Sears (1994) menyebutkan, bahwa komponen sikap terdiri dari kognitif, afektif, dan perilaku.
  1. Komponen kognitif terdiri dari seluruh kognisi yang dimilikiseseorang mengenai obyek sikap tertentu, fakta, pengetahuan, dankeyakinan tentang obyek.
  2. Komponen afektif terdiri dari seluruh perasaan atau emosi seseorang terhadap obyek, terutama penilaian.
  3. Komponen perilaku terdiri dari kesiapan seseorang untuk bereaksi atau kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek.
Menurut Travers, Gagne, dan Cronbach (dalam Ahmadi, 1999), sikap melibatkan tiga komponen yang saling berhubungan,yaitu:
  1. Komponen kognitif, yaitu berupa pengetahuan, kepercayaan atau pikiran yang didasarkan pada informasi, yang berhubungan dengan obyek.
  2. Komponen afektif, yaitu menunjuk pada dimensi emosional darisikap, yang berhubungan dengan obyek. Obyek disini dirasakan sebagai menyenangkan atau tidak menyenangkan.
  3. Komponen behavior atau konatif, yaitu melibatkan salah satupredisposisi untuk bertindak terhadap obyek. Komponen ini berhubungan dengan kecenderungan untuk bertindak.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa komponen-komponen sikap meliputi tiga hal, yaitu: komponen kognisi, komponen yang berhubungan dengan keyakinan, ide dan konsep; komponen afeksi, komponen yang menyangkut kehidupan emosional seseorang; komponen konasi, komponen yang merupakan kecenderungan bertingkah laku.

Artikel Terkait :