PENGERTIAN PROFITABILITAS

Pengertian Profitabilitas adalah alat yang digunakan untuk menganalisis kinerja manajemen, tingkat profitabilitas akan menggambarkan posisi laba perusahaan. Para investor di pasar modal sangat memperhatikan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan dan meningkatkan laba, hal ini merupakan daya tarik bagi investor dalam melakukan jual beli saham, oleh karena itu manajemen harus mampu memenuhi target yang telah ditetapkan.
Menurut Kasmir (2008), “Rasio profitabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan”. Rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efektifitas manajemen suatu perusahaan. Hal ini ditunjukkan oleh laba yang dihasilkan dari penjualan dan pendapatan investasi. Pada dasarnya penggunaan rasio ini yakni menunjukkan tingkat efesiensi suatu perusahaan.
Tujuan akhir dari setiap perusahaan adalah untuk mendapatkan laba maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat keuntungan atau tingkat profitabilitas yang didapat. Menurut Makmun (2002) tingkat profitabilitas adalah tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan selama periode tertentu. Profitabilitas ini dapat juga dapat dikatakan sampai sejauh mana keefektifan dari keseluruhan manajemen dalam menciptakan keuntungan bagi perusahaan.

Artikel Terkait :