PENGERTIAN MUSIK MENURUT PARA AHLI

Ada beberapa pengertian musik menurut para ahli. Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapien yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tiada siapa tahu bila manusia mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun dahulu telah menunjukkan perubahan evolusi dari pemikiran otak manusia. Dengan otak manusia yang lebih pintar dari hewan, mereka membuat pemburuan yang lebih terancang sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak ini, mereka bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan mencapai imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara mereka. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan nama panggilan untuk sesorang.
Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanan mereka kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602) Musik adalah: ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).
Menurut M.Soeharto dalam buku "Kamus Musik" dijelaskan bahwa pengertian musik adalah pengungkapan melalui gagasan melalui bunyi, yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa gagasan, sifat dan warna bunyi.
Aliran-aliran musik
Musik berjenis rock adalah musik yang sering disebut dengan musik aliran keras. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis rock : Linkin Park, Muse dan masih banyak yang lainnya. Ini mah gua banget!
Musik berjenis pop adalah jenis musik yang mudah diterima oleh masyarakat. Jenis musik pop juga memiliki penggemar yang banyak. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis pop : Justin Bieber, Ungu Band, dan masih banyak yang lainnya.
Musik blues adalah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari amerika serikat. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis blues : John Mayall, Jimy Hendrix dan masih banyak yang lainnya.
Musik dangdut adalah musik yang berkembang di indonesia sehingga sering disebut sebagai musik asli indonesia. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis dangdut : Rhoma Irama, Iis Dahlia dan masih banyak yang lainnya.
Musik berjenis jazz adalah musik yang memiliki banyak improvisasi dari musik dasarnya. Berikut ini beberapa contoh dari pemusik yang berjenis jazz: Andien, Abdul and The Coffee Theory dan masih banyak yang lainnya. 

Artikel Terkait :