MITOS-MITOS SEPUTAR ASI

Mitos-Mitos Seputar ASI. Setelah melahirkan, akan ada banyak nasehat tentang  ibu menyusui. Jangan telan bulat-bulat saat mendapat informasi atau mitos tentang ASI. Nasehat yang kurang tepat bisa jadi informasi yang menyesatkan. Simak mitos-mitos tentang menyusui dan lihat juga faktanya!
3-4 hari setelah kelahiran bayi, ASI memang belum (cukup) keluar.
SALAH! Seringkali memang nampak seperti demikian keadaannya karena posisi pelekatan bayi belum sempurna sehingga bayi tidak berhasil untuk minum ASI yang tersedia dalam payudara ibunya. Pada saat belum banyak ASI yang tersedia (memang normalnya demikianlah keadaannya untuk beberapa hari pertama), posisi pelekatan bayi harus sempurna sehingga bayi dapat mengeluarkan dan minum ASI dari payudara ibunya. Kalau tidak, maka sering terjadi “…tapi dia sudah menyusu selama 2 jam, kenapa yak kok masih lapar…”. Ketika pelekatan belum sempurna, bayi tidak dapat minum ASI pertama yang dihasilkan oleh ibunya, yaitu kolostrum. Siapapun yang menyarankan anda untuk memerah/memompa ASI anda untuk mengetahui berapa banyak kolostrum yang dihasilkan jelas tidak memiliki pengetahuan laktasi, dan sebaiknya abaikan saja sarannya. Ketika pasokan ASI ibu menjadi banyak, kadangkala bayi tetap dapat minum ASI walaupun pelekatannya kurang baik.
Payudara yang berukuran kecil, tidak dapat menghasilkan banyak susu
SALAH! Payudara kecil maupun besar sama-sama dapat menghasilkan banyak susu.
Payudara dengan puting terbenam tidak dapat menyusui.
SALAH! Puting terbenam tidak berarti tidak dapat menyusui, karena bayi menyusu pada payudara, bukan pada puting.
ASI pertama (yang berwarna kekuningan) tidak baik bagi bayi.
SALAH!  ASI pertama (kolostrum) adalah zat terbaik bagi bayi.
 Kolostrum / ASI pertama adalah susu basi.
SALAH! Kolostrum mengandung zat kekebalan tubuh dan protein yang sangat kaya.
ASI eksklusif berarti tidak boleh memberikan makanan, yang lain boleh.
SALAH! ASI ekslusif berarti hanya memberikan ASI saja, yang lain tidak boleh.
Formula yang mahal dapat menyamai ASI.
SALAH! Formula semahal apapun tak dapat menyamai ASI sebab ASI cairan hidup yang selalu berubah setiap saat sedang formula cairan mati yang tak pernah berubah
Bayi baru lahir perlu diberikan air teh agar memiliki tenaga
SALAH! Pemberian air teh kepada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan hanya akan memenuhi perut bayi sehingga mengurangi ruang untuk ASI yang sangat dibutuhkan bayi.
Jika makan pedas, ASI akan berasa pedas.
SALAH!  Apa yang dimakan ibu, akan dirasakan pula oleh bayi lewat ASI. Namun tidak 100% sama dengan makanan hanya  samar-samar  dan hanya bertahan paling lama 8 jam. Makanan pedas berisiko terhadap ibu itu sendiri, yaitu mengalami gangguan pencernaan seperti diare. 
Saat ibu pulang bepergian, ASI harus dibuang dulu saat mau menyusui karena ASI bisa basi.
SALAH! ASI tidak pernah basi. Biasanya yang dimaksud dengan ASI lama atau basi adalah ASI yang berwarna kekuningan dan kental atau ASI yang berwarna putih keruh dan encer. Warna dan kejernihan ASI sangat tergantung bahan nutrisi yang terkandung didalamnya. Selain itu ASI dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bayi akan ASI.

Artikel Terkait :