MAKANAN YANG PALING BAIK UNTUK PENDERITA DIABETES

Ada beberapa Makanan Yang Paling Baik Untuk Penderita Diabetes. Penderita diabetes harus mengontrol makanan yang mereka konsumsi. Tidak semua buah dan sayuran dapat mereka konsumsi setiap hari. Ada beberapa makanan yang harus dihindari, meski makanan itu tergolong sehat. Pakar Nutrisi diabetes telah menganjurkan penderita memakan makanan yang kaya akan nutrisi sehat, yaitu serat, omega tiga, kalsium, dan vitamin D. Berikut ada 8 jenis makanan sehat untuk pengidap diabetes :
Air putih
Ya, air adalah sumber kehidupan. Air putih memiliki peranan besar dalam membantu memperlancar metabolisme tubuh kita. Air putih juga memiliki peranan besar dalam melarutkan racun-racun dan lemak jahat dalam tubuh kita. Ketika merasa haus, biasakanlah untuk memilih air putih, bukan air manis atau minuman soda.
Roti Gandum
Banyak penderita diabetes yang salah kaprah mengenai kentang. Mereka menganggap makanan ini sehat dan aman untuk penderita diabetes. Padahal kentang termasuk makanan yang harus dihindari karena memiliki indeks glikemik yang tinggi. Makanan pokok alternatif yang lebih baik untuk penderita diabetes adalah roti gandum. Anda bisa mengonsumsi roti gandum sebagai makanan pokok pengganti nasi atau roti putih.
Roti gandum terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat dan nutrisi lain seperti asam lemak omega-3, chromium, folat dan magnesium. Berbagai penelitian membuktikan bahwa gandum utuh efektif dalam mengurangi resiko penyakit diabetes dan jantung. Serat pada roti gandum sangat baik bagi penderita diabetes karena mampu menghambat pelepasan kadar gula di dalam darah. Jadi, sakit diabetes atau tidak, roti gandum sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti nasi, kentang atau roti putih.
Minyak zaitun
Siapa yang tidak kenal dengan kehebatan minyak zaitun? jenis minyak ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan. Lemak tak jenuh ini berkhasiat mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menjaga gula darah stabil dengan mengurangi resistensi insulin.
Susu bebas lemak dan yogurt
Makanan ini tidak hanya sarat protein, tetapi juga kaya kalsium, yang membantu dalam penurunan berat badan. Orang yang mengonsumsinya secara teratur cenderung menjadi resisten insulin.
Sayuran
Dikemas dengan nutrisi pembangkit tenaga, sayuran secara alami mengandung rendah kalori, dan mengandung banyak serat. Memuat piring Anda dengan sayuran otomatis Anda memakan lebih sedikit karbohidrat sederhana (yang meningkatkan gula darah) dan lemak jenuh (yang meningkatkan resistensi insulin).
Buah-Buahan
Buah sangat bagus untuk memberikan nutrisi dan vitamin bagi tubuh Anda. vitamin C berfungsi sebagai penguat imun dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, karena buah-buahan mempunyai kadar gula yang tinggi, buah harus dikonsumsi sesuai aturan. Setiap hari, cukup makan satu macam buah, sedikit saja. Lebih baik di-blender tanpa gula.
Dada Ayam
Serbaguna dan rendah kalori, dada ayam adalah makanan praktis yang penuh keajaiban. Tidak seperti steak dan hamburger, dada ayam mengandung sedikit lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol dan resistensi insulin, sehingga gula darah lebih sulit dikontrol. Perlu anda ketahui bahwa setiap 3-ons porsi dada ayam tanpa kulit hanya memiliki 142 kalori dan 3 gram lemak. Dada kalkun bahkan lebih ramping dan lebih rendah kalori.
Sereal
Sarapan sereal adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mendapatkan kebutuhan serat. Menurut penelitian, orang yang memulai pagi hari dengan sereal tinggi serat benar-benar akan merasa tidak lapar seharian, sehingga anda akan terhindar untuk mengonsumsi cemilan atau makan karbohidrat yang berlebihan.
Cokelat Hitam
Cokelat Hitam atau Dark chocolate Jenis Cokelat ini kaya antioksidan flavonoid, yang berfungsi memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat serta mengurangi tekanan darah.
Ikan
Penderita diabetes sangat disarankan makan ikan, jadi bersyukurlah jika anda memang suka makan ikan. Jika lemak pada daging sebaiknya dihindari, tidak demikian halnya dengan lemak ikan. Ikan berlemak seperti patin, tuna, salmon, mackarel dan ikan hering mengandung banyak lemak omega-3 yang berkhasiat memperlancar pembuluh areteri dengan menghajar lemak jahat dan plak yang menempel. Omega-3 juga mampu mengurangi kadar trigliserida dalam darah, sekaligus meningkatkan kadar lemak baik alias HDL. Satu hal penting yang perlu diingat, ikan sebaiknya tidak digoreng, melainkan dimasak dengan cara lain seperti di-pepes, dikukus, dibuat sup dan lainnya.
Buncis
Selain kandungan karbohidratnya yang rendah, Buncis juga kaya akan serat dan nutrisi, yang berkhasiat dalam memperlancar pencernaan sekaligus menjaga kadar gula darah tetap rendah setelah makan. Ketika hendak memasak sayur, buncis bisa dijadikan pilihan menu yang baik bagi penderita diabetes.

Artikel Terkait :