JENIS RESIKO INVESTASI

Menurut Halim (2003), terdapat beberapa jenis risiko investasi yang akan dihadapi dan perlu dipertimbangkan oleh investor dalam membuat keputusan untuk melakukan investasi, yaitu: 
 Risiko bisnis ( business risk) 
Merupakan risiko yang akan dihadapi oleh investor akibat dari menurunnya profitabilitas suatu bentuk investasi, dimana hal tersebut memiliki dampak langsung terhadap investasi atau modal yang ditanamkan dalam bentuk investasi yang bersangkutan. 
Risiko likuiditas (liquidity risk) 
Merupakan risiko yang memiliki kaitan dengan kemampuan bentuk investasi yang bersangkutan untuk dapat segera diperjualbelikan tanpa mengalami kerugian yang berarti.
Risiko tingkat bunga (interest rate risk) 
Merupakan risiko yang akan dihadapi oleh investor akibat terjadinya perubahan tingk at bunga yang berlaku di pasar, dimana hal tersebut turut mempengaruhi nilai suatu investasi.
Risiko pasar (market risk)
Merupakan risiko yang akan dihadapi oleh investor akibat dari adanya perubahan kondisi perekonomian negara atau daerah secara cepat yang dipengaruhi oleh adanya krisis ekonomi ataupun kondisi perekonomian lainnya. 
Risiko daya beli (purchasing power-risk )
Merupakan risiko yang akan dihadapi oleh investor akibat dari adanya pengaruh perubahan tingkat inflasi, dimana perubahan tersebut akan   menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terhadap objek investasi sehingga akan menurunkan nilai riil pendapatan.
Risiko mata uang (currency risk) 
Merupakan risiko yang akan dihadapi oleh investor akibat dari adanya pengaruh perubahan nilai tukar mata uang domestik terhadap mata uang asing, dimana perubahan tersebut dapat mempengaruhi nilai investasi secara langsung. 

Artikel Terkait :