AGAMA-AGAMA DI DUNIA

Ada beberapa Agama-Agama di Dunia yang tersebar dibelahan bumi. Émile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.
Ada beberapa agama yang berdasarkan monoteisme (agama Samawy) yaitu agama yang berasal dari wahyu Allah melalui Rasul2x-Nya, untuk disampaikan kepada umat masing2x dan ada juga beberapa agama yang lahir dari ide2x manusia sendiri (agama Thabi'i) seperti politeisme yang meyakini adanya banyak tuhan atau dewa, dengan menyembah berhala2x buatan mereka sendiri.
AGAMA THABI'I
  1. Hinduisme. Percaya adanya ratusan dewa dengan kekuasaan dan patung masing2x, terutama 3 dewa yang utama (trimurti) : Brahma, Wisnu dan Syiwa.
  2. Zoroastrianisme. Lahir 7 abad SM yang mempercayai Ahura Mazda sbg Tuhan dimana pengikutnya memuja api.
  3. Budhisme. Lahir 6 abad SM, pengikut2xnya memuja Budha Gautama dengan ajarannya : Budha, Dharma, Sangkha.
  4. Taoisme. Lahir 3 abad SM oleh Lao Tse, sebagai Tuhan dalam sistem keagamaan bangsa Cina.
  5. Konfusianisme. Lahir pada 551 tahun SM, diajarkan oleh Confusius dengan kepercayaan kepada leluhur/nenek moyang bangsa Cina.
  6. Shintoisme. Diperkenalkan sebagai agama nasional bangsa Jepang tahun 1868 yang memuja kepada alam dan dewa2x serta pahlawan2x mereka.
  7. Shikisme. Diajarkan di India oleh Guru Nanak yakni campuran paham2x Hinduisme dan Muslim namun sangat menyimpang dari ajaran Islam. Kepercayaan ini serupa dengan aliran Kebatinan di negara kita Indonesia.
AGAMA SAMAWY
  1. Yudaisme. Yang dibawa oleh Nabi Musa AS untuk Bani Israel atau Yahudi semula bertauhid suci namun kemudian menyembah Sapi Emas.
  2. Kristen. Melalui Nabi Isa AS sebagai kelanjutan/penggenap ajaran-ajaran Nabi Musa AS buat Bani Israel, namun kini menyimpang kepada ajaran Trinitas yang diajarkan oleh Paulus yang semuanya berdasarkan Mithos dari kaum pagau/Yunani yakni zaman Sebelum Masehi (SM) antara lain: (a)Trinitas orang-orang India: Okteu, Nesse, Atahuta, (b) Trinitas penganut Hindu: Brahma, Wisnu, Syiwa, (c) Di Mesir Kuno: Isis, Hories, Orisis,(d) Orang-orang Yunani : Phanes, Uranos, Kronos, (e) Orang-orang Romawi: Yupiter, Menerva, Juno.
  3. Islam. Penerus dan penutup agama-agama Allah, berdasarkan Tauhid suci (Monotheisme absolut) oleh Nabi Muhammad SAW.
Adapun Atheisme dan kepercayaan Animisme tidak bisa dianggap sebagai agama karena tidak memiliki ajaran2x pokok ketuhanan. Atheisme adalah kepercayaan orang bahwa Tuhan itu tidak ada, bahwa dirinya dan seisi alam ini hanya terjadi dengan sendirinya saja. Sedangkan Animisme adalah kepercayaan kepada suatu daya kekuatan hidup atau kekuasaan yang keramat dan tidak berpribadi, yang dapat dianggap halus ataupun berjasad (benda bernyawa/punya roh).
Studi perbandingan ini penting karena akan memberikan dampak positif terutama buat kini para generasi muda Muslim yang ingin menegakkan agama suci ini dan mempertahankan diri dari setiap usaha yang akan merusakkannya terutama dari pengaruh2x yang menyelinap ketengah2x umat Islam sendiri secara halus (baik yang kita hadapi secara sadar maupun tidak).
Perkembangan Agama-agama Dunia
  1. Kekristenan 2,1 miliar
  2. Islam 1,3 miliar
  3. Non-Adherent (Sekular/Ateis /Agnosti/Tidak Ateis) 1,1 miliar
  4. Hinduisme 900 juta
  5. Agama keluarga Cina 394 juta
  6. Buddhisme 376 juta
  7. Paganisme 300 juta
  8. Tradisi Afrika dan diasporik (tanah air) 100 juta
  9. Sikhisme 23 juta
  10. Juche 19 juta
  11. Spiritisme 15 juta
  12. Yudaisme14 juta
  13. Iman Bahai 7 juta
  14. Saksi-Saksi Yehuwa 6,5 juta
  15. Jainisme 4,2 juta
  16. Shinto 4 juta
  17. Cao Dai 4 juta
  18. Zoroastrianisme 2,6 juta
  19. Tenrikyo 2 juta
  20. Neo-Paganisme 1 juta
  21. Unitarian Universalisme 800 ribu
  22. Gerakan Rastafari 600 ribu

Artikel Terkait :