Pengertian Perawat

Terdapat beberapa pengertian perawat (nurse). Organisasi keperawatan sedunia yaitu International Council of Nurses atau ICN (1972) dengan mengadopsi pengertian perawat dari Virgina Hendersen merumuskan fungsi perawat yaitu melakukan pengkajian pada individu sehat maupun sakit dimana segala aktivitas yang dilakukan berguna untuk kesehatan atau pemulihan kesehatan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.
Profesi perawat berpedoman kepada sumber asalnya yaitu kebutuhan manusia akan pelayanan keperawatan, pelayanan yang diberikan oleh perawat selalu berdasarkan kepada cita-cita yang luhur, niat yang murni tanpa membedakan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik, kedudukan sosial dan agama yang dianut individu yang membutuhkan perawatan.
Istilah perawat yang digunakan dalam penelitian akan mengacu pada uraian yang dikemukakan oleh Gunarsa & Gunarsa. Dalam sebuah rumah sakit, perawat memegang peranan yang besar dalam gerakan kegiatan menolong pasien, peranya sering kali menentukan dalam proses penyembuhan pasien.
Dalam menjalankan tugasnya, seorang perawat sering menjumpai berbagai kondisi seperti beban kerja yang berlebihan, tekanan batas waktu dalam menjalani tugas, konflik kerja dengan rekan kerja,peraturan rumah sakit yang terlalu kaku dan tingkah laku pasien serta keluarganya. Kondisi-kondisi tersebut apabila dialami berulang-ulang dan dianggap sebagai stresor negatif dapat memicu timbulnya stres pada seorang perawat.

Artikel Terkait :