HUBUNGAN MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KUALITAS KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DI INDUSTRI PERBANKAN INDONESIA PERIODE 2009-2011

Abstrak: Konservatisme merupakan prinsip pengakuan dan pengukuran laba yang dilakukan dengan hati-hati. Good Corporate governance mewajibkan dilakukannya pengungkapan (disclosure) secara akurat, tepat waktu, transparan terhadap semua informasi perusahaan. Demi mempertahankan kualitas kantor akuntan publik maka badan tersebut berusaha mempertahankan kliennya dengan cara dihasilkannya laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan mekanisme good corporate governance dan kualitas kantor akuntan publik terhadap konservatisme akuntansi. Sampel yang digunakan berupa seluruh perusahaan perbankan di Indonesia periode 2009-2011 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 88 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara good corporate governance dan kualitas kantor akuntan publik dengan konservatisme akuntansi.
Kata kunci: konservatisme akuntansi,  mekanisme good corporate governance, kualitas.kantor akuntan public
Penulis: Mariska Veres, Drs.ec. Stevanus Hadi Darmadji, MSA., QIA, & Aurelia Carina Sutanto, S.E., M.AK. (Akuntansi / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya)
Kode Jurnal: jpakuntansidd130001

Artikel Terkait :