TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PEMASANGAN KB IUD PASCASALIN


ABSTRAK: Meningkatnya jumlah penduduk Indonesia adalah dampak dari meningkatnya angka kelahiran, oleh karena itu Pemerintah terus berupaya untuk menekan lajupertumbuhan dengan Program Keluarga Berencana (KB). Salah satunya dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang yaitu IUD (Intra Uterine Device). Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III TentangPemasangan KB IUD Pascasalin di Puskesmas Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat Tahun 2015.
Penelitian ini mengunakan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil trimester III yang melakukan pemeriksaan kehamilan ke Puskesmas Kecamatan Johar Baru. Data diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling sehingga di peroleh 64 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dan pengolahan data dilakukan dengan cara manual.
Hasil penelitian menunjukkan dari 64 responden, pada ibu hamil trimester IIImemiliki pengetahuan kurang terdapat 32 responden (50%), berdasarkan umur 20 – 35tahun sebanyak 22 responden (47,8%) berpengetahuan kurang, berdasarkan pendidikanSD-SMP 22 responden (61,1%) berpengetahuan kurang, pada ibu tidak bekerja terdapat 18 responden (43%) berpengetahuan kurang, pada multipara 19 responden (47,5%)berpengetahuan kurang, tidak mendapat informasi 32 responden (100%)berpengetahuan kurang, dan tidak mendapat dukungan suami 23 responden (57,5%) berpengetahuan kurang.
Dapat disimpulkan bahwa ibu hamil yang memeriksakan kehamilan di ruangan kesehatan ibu anak dan keluarga berencana memiliki pengetahuan yang kurang tentang KB IUD pascasalin.
Kata kunci: pengetahuan KB IUD pascasalin, umur, pendidikan, pekerjaan, paritas, sumber informasi, dukungan suami
Penulis: Lili Anggraini
Kode Jurnal: jpkebidanandd160257

Artikel Terkait :