Perbandingan Kadar Asam Folat Plasma pada Preeklampsia dan Kehamilan Normal


ABSTRAK: Salah satu penyebab kematian ibu di Indonesia adalah preeklampsia. Saat ini preeklampsia merupakan  penyebab kematian pada 2-3% wanita hamil di dunia. Patogenesis  preeklampsia tahap 1 dimulai dengan plasentasi abnormal diantaranya berhubungan dengan nutrisi. Salah satu nutrisi yang dianjurkan adalah asam folat. Pada penderita preeklampsia ditemukan kadar folat yang rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan kadar asam folat pada preeklampsia dan kehamilan normal.
Penelitian kasus kontrol telah dilakukan terhadap 48 orang ibu hamil (preeklampsia dan kehamilan normal), usia 20-35 tahun di RS Pemerintah Kota Padang Maret-Mei 2015. Sampel dipilih berdasarkan consecutive sampling. Pemeriksaan kadar asam folat dengan metode ELISA. Analisis statistik menggunakan uji T tak berpasangan. Kadar asam folat pada preeklampsia 38,86+7,80 ng/mL dan 47,31+1,29 ng/mL pada kehamilan normal.
Kadar asam folat pada preeklampsia lebih rendah dibandingkan kehamilan normal. Perlu diberikan suplementasi asam folat sebelum kehamilan untuk mempersiapkan luaran kehamilan yang baik.
Kata kunci: asam folat, preeklampsia, kehamilan normal
Penulis: Inke Malahayati
Kode Jurnal: jpkebidanandd160275

Artikel Terkait :