PENGARUH YOGA PRENATAL DAN HYPNOBIRTHING TERHADAP PROSES PERSALINAN KALA I PADA IBU BERSALIN DI BPM RESTU DEPOK PERIODE JANUARI-JUNI TAHUN 2017


ABSTRAK: Hypnobirthing merupakan metode relaksasi yang mendasarkan pada keyakinan dan memberikan sugesti bahwa melahirkan itu nikmat. Yoga merupakan suatu latihan gerak yang diberikan pada ibu hamil, dimana yoga ini mulai dilakukan saat usia kehamilan 4-6 bulan. Pada studi pendahuluan didapatkan data persalinan pada tahun 2015 Dari 117 ibu bersalin tersebut, yang tidak mengikuti yoga terdapat 15 orang (12,8%), yang mengalami persalinan tidak lancar 9 orang (60,0%), dan yang mengalami persalinan lancar ada 6 orang (40,0%). Dan pada tahun 2016 dari 85 ibu yang bersalin yang tidak mengikuti yoga prenatal terdapat 30 orang (35,3%), yang mengalami persalinan tidak lancar terdapat 17 orang (56,7%), sedangkan yang lancar 13 orang (43,3%).Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan yoga prenatal dan hypnobirthing terhadap proses persalinan kala I pada ibu bersalin di BPS Restu Depok periode januari-juni tahun 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik, dengan metode pendekatan Statistic Group Comparison, menggunakan total sample dengan jumlah sample 70responden, memakai data yaitu data sekunder (rekam medik), analisis menggunakan Mann-Whitney.
Hasil penelitian, Hasil uji statistik Mann-Whitney terdapat pengaruh antara yoga prenatal dengan proses persalinan kala I nilai (p-value = 0,000) dan terdapat pengaruh antara hypnobirthing dengan proses persalinan kala I nilai (p-value = 0,000), Kesimpulan penelitian ini yaitu dari dua variabel semuanya terdapat adanya pengaruh antara yoga prenatal dan hypnobirthing terhadap proses persalinan kala I padaibubersalin.
Saran untuk para tenaga kesehatan agar dapa tmembantu menurunkan angka kematian ibu serta diharapkan dapat meningkatkan lagip elayanan yoga prenatal dan hypnobirthing.
Kata kunci: yoga prenatal, hypnobirthing, persalinan
Penulis: Tria Eni Rafika Devi, Kursih Sulastriningsih, Erie Tiawaningrum
Kode Jurnal: jpkebidanandd180004

Artikel Terkait :