PENGARUH RELAKSASI TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA IBU HAMIL BERISIKO TINGGI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMUR BATU BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016


Abstrak: Tingginya kasus kematian ibu akibat komplikasi bahaya kehamilan, informasi rasa nyeri pada waktu persalinan, berita kematian ibu saat proses maupun pasca persalinan sudah menjadi pokokpembicaraan para wanita sejak masa kehamilan sehingga dapat menimbulkan perasaan cemasterutama pada seorang ibu yang labil jiwanya. Kecemasan ini mencapai klimaksnya pada saatmenjelang  persalinan,  oleh  karena  itu  banyak  calon  ibu  yang  muda  belia menghadapi  kelahiran  anaknya  dengan  perasaan  takut  dan  yang mempengaruhi respons cemas.
Tujuan   penelitian  diketahui   pengaruh   relaksasi   terhadap penurunan  kecemasan pada ibu hamil berisiko tinggi di Wilayah Kerja Puskesmas Sumur Batu Bandar Lampung tahun 2016.  Jenis penelitian adalah kuantitatif, desain penelitian quasy eksperimen dengan pendekatan onegroup pre and post test. Populasi adalah seluruh ibu hamil berisiko tinggi terismester I, II dan III di Puskesmas Sumur Batu Bandar Lampung ibu hamil berisiko tinggi periode tanggal Januari – Juli   2016 sebesar 43 orang, besar sampel 15, teknik pengambilan sampel   simple   random   sampling. 
Analisa   data   univariat   dan   bivariat   dengan menggunakan uji t dependen. Hasil penelitian didapat rata – rata skor kecemasan sebelum dilakukan relaksasi pada penderita hipertensi  sebesar 26.40  dan rata    rata  skor kecemasan  setelah dilakukan relaksasi pada penderita hipertensi sebesar 22.00. Hasil uji t test dependen rata – rata skor penurunan kecemasan sebelum dan setelah dilakukan relaksasi sebesar 4.400, p value = 0,000 < 0,05 artinya Ho di tolak, ada pengaruh relaksasi terhadap penurunan kecemasan pada ibu hamil berisiko tinggi.
Diharapkan bagi petugas kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Sumur Batu Bandar Lampung untuk dapat menerapkan managemen penatalaksanaan penurunan kecemasan bukan hanya dari segi medis akan tetapi dapat menerapkan penatalaksanaan penurunan kecemasan dari segi non medis dengan menggunakan teknik relaksasi yang dapat dilakukan   setiap minggu pada kelas ibu atau Posyandu sehingga kecemasan dapat terkontrol dengan baik kebatas normal.
Kata kunci: Relaksasi, kecemasan, kehamilan resiko tinggi
Penulis: Anggraini
Kode Jurnal: jpkebidanandd180096

Artikel Terkait :