PENGARUH MASASE KAKI DENGAN MINYAK SEREH WANGI TERHAP PENURUNAN TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI) PADA LANSIA DI UPTD PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA “TRESNA WERDHA” NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2015


Abstrak: Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang banyak diderita di  seluruh dunia.  Hipertensi diperkirakan menjadi penyebab kematian sekitar 7,1 juta orang di seluruhdunia (sekitar 13% dari total kematian). pada tahun 2011 mengalami peningkatan yang sepesifik yaitu77.521 menjadi peringkat ke 4 dengan demikin hiertensi merupakan  masalah kesehatan yang ada di10 (sepuluh) besar penyakit yang diderita masyarakat tiap tahunnya.penelitian ini untuk meneliti pengaruh masase kaki dengan minyak sereh wangi Terhadap Penurunan Tekanan Darah Tinggi(Hipertensi) Pada Lansia Di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia “TRESNA WERDHA” Natar Lampung Selatan Tahun 2015.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment, dengan rancangan pre-test dan post-test, Analisia Bivariat. Dengan objek pengaruh masase kaki dengan minyak sereh wangi terhadappenurunan tekanan darah tinggi (hipertensi) pada lansia. .populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yang memenuhi criteria inklusi dan eksklusi di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia “TRESNA WERDHA” Natar Lampung Selatan tahun 2015, dan instrument penelitian ini adalah lembar observasi.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa terdapat selisih penurunan tekanan darah antara sebelum dan sesudah dilakukan masase kaki selama 7 hari yaitu pada hari pertama  15.24, hari kedua10.29, hari ketiga 12, hari keempat 11.42, hari kelima 9.29, hari ke enam 7.77, dan hari ketujuh 8.06.Disarankan kepada tenaga kesehatan di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Natar Lampung Selatan agar masase kaki dengan minyak sereh wangi dapat dijadikan salah satupengobatan non farmakologis  untuk menurunkan takanan darah tinggi pada lansia.
Kata kunci: Hipertensi, Masase kaki, Minyak Sereh wangi, Lansia
Penulis: Lady octaviani iqmy, Linda agustina
Kode Jurnal: jpkebidanandd180109

Artikel Terkait :