PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP: KAJIAN EMPIRIK RUMAH SAKIT ISLAM FATIMAH CILACAP


ABSTRAK: Kebutuhan akan layanan rumah sakit yang bermutu semakin meningkat seiring dengan semakin membaiknya perekonomian dan derajat kesehatan masyarakat. Dalam beberapa tahun belakangan ini, pertumbuhan rumah sakit swasta di Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup berarti dengan diterbitkannya berbagai peraturan dan perundang-undangan oleh pemerintah.
Oleh karena itu, agar dapat tetap bertahan di tengah persaingan, maka Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap harus dapat memberikan pelayanan yang berkualitas yang berorientasi pada tercapainya kepuasan pasien yang pada gilirannya akan menyebabkan loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah analitik crosssectional dengan pengumpulan data secara prospektif yang berupa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup. Kuesioner diberikan kepada 123 pasien rawat inap. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan statistik metode regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan metode regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap. Kualitas pelayanan yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan pasien adalah dimensi berwujud dengan koefisien regresi 0,244, sedangkan yang memberikan pengaruh paling kecil adalah dimensi keandalan dengan koefisien regresi 0,185. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan pasien memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien, Rumah Sakit
Penulis: Zakki Kholid, Suci Paramithasari Syahlani, Satibi
Kode Jurnal: jpfarmasidd120375

Artikel Terkait :