HUBUNGAN TEKNIK VULVA HYGIENE DENGAN PENYEMBUHAN LUKA PERINIUM PADA IBU POST PARTUM


Abstrak: Masa nifas merupakan masa yang sangat rentan terhadap infeksi bagiibu postpartum biladalam perawatannya tidak tepat. Banyak ibu nifas yang tidak tahu cara menjaga kebersihan dirinyaterutama pada daerah genetalia. Ibu hanya sekedar membersihkannya tanpa memperdulikan caravulvahygiene yang baik dan benar, sehingga penyembuhan luka menjadi lambat(> 6 hari).
Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui hubungan teknik vulva hygiene dengan penyembuhan luka perinium pada ibu postpartum BPS Heppy Rina M, S.ST, Seduri, Mojosari Mojokerto  Desain penelitian ini analitik dengan pendekatan cross sectional.Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Consecutive Sampling. Sampel yang digunakan adalah ibu post partum dengan luka perineum sebanyak 15 responden. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner danlembar observasi. Data di analisis menggunakan uji Koefisien Kontingensi (C) dengan tingkat kemaknaan ρ<0,05.
Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa hampir dari setengahnya (46,7%) tidak melakukan teknik vulva hygiene dengan baik yaitu sebanyak 7 responden dan lebih dari setengahnya (60%) dihari ke-6keadaan luka perinium ibu postpartum banyak yang belum sembuh yaitu sebanyak 9 responden.Berdasarkan hasil perhitungan ujiKoefisien Kontingensi (C) didapatkan hasil 0,003(ρ<0,05), sehingga ada hubungan vulva hygiene dengan penyembuhan luka perineum pada ibu postpartum. Tenaga kesehatan agar memberikan informasi- informasi kepada para ibu nifas tentang cara perawatan luka perineum, sehingga para ibu akan mengetahui cara perawatan luka perineum yangbenar.
Kata kunci: teknikvulva hygiene, penyembuhanluka perineum
Penulis: herlina, ver virgia, riska aprilia wardani
Kode Jurnal: jpkebidanandd180094

Artikel Terkait :