Hubungan Pekerjaan dan Pendidikan Ibu dengan Pemberian Asi Ekslusif di Wilayah Kerja Puskesmas Hinai Kiri Tahun 2017


Abstrak: Pencapaian ASI Eksklusif di Indonesia belum mencapai 80%.  Berdasarkan laporan SDKI tahun 2013  pencapaian ASI eksklusif adalah 42%.  Sedangkan, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Provinsi tahun 2014, cakupan pemberian ASI 0-6 bulan hanyalah 54,3%.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan  menggunakan pendekatan cross sectional untuk mengetahui hubungan pekerjaan dan pendidikan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Hinai Kiri Tahun 2017. Penelitian ini dengan menggunakan data primer dan kuesioner sebagai alat ukurnya.
Hasil penelitian uji univariate, mayoritas responden tidak memberikan ASI Eksklusif sebanyak 31 orang (57,4%). Hasil uji statistik antara pekerjaan ibu dengan pemberian ASI Ekslusif diperoleh P value 0,005 < 0,05 bahwa ada hubungan antara pekerjaan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif. Hasil uji statistik antara pendidikan dengan pemberian ASI Eksklusif diperoleh P value 0,003 < 0,05 bahwa ada hubungan antara pendidikan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif.
Disarankan kepada ibu yang memiliki bayi dapat menambah pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber tentang pentingnya ASI Eksklusif sehingga menumbuhkan motivasi ibu untuk berperilaku baik dalam memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya.
Kata Kunci: Pekerjaan, Pendidikan dan ASI Eksklusif
Penulis: Setia Sihombing
Kode Jurnal: jpkebidanandd180006

Artikel Terkait :