Hubungan Paritas dengan Terjadinya Robekan Perineum Spontan pada Persalinan Normal


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paritas dengan kejadian robekan perineum spontan pada ibu bersalinan di BPM Delima Tampubolon Kota Cimahi  tahun 2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah Analitik korelasi dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ibu bersalin di BPM Delima Tampubolon tahun 2015 sebanyak 373 orang dengan Kriteria eksklusi Ibu bersalian dengan episiotomi. Data diperoleh melalui data sekunder. Analisis data melalui dua tahap yaitu univariat untuk distribusi frekuensi, Bivariat untuk melihat hubungan.
Hasil penelitian menunjukkan dari 373 ibu primipara sebagian besar mengalami robekan perineum spontan 84,9%, dan dari 229 paritas multipara lebih dari setengahnya mengalami robekan perineum spontan 62,4%,  sedangkan pada grandemultipara sebagian besar tidak mengalami robekan perineum spontan 94,4%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara paritas ibu bersalin dengan kejadian robekan perineum spontan (p=0,000).
Kata kunci: Cross Sectional, Paritas, Robekan Perineum Spontan
Penulis: Elisa, Siti Nur Endah, Sri Yuniarti
Kode Jurnal: jpkebidanandd160261

Artikel Terkait :