Hubungan antara Pengetahuan Seksualitas dengan Perilaku Seksual Remaja Di SMA Negeri 1 Subang


ABSTRAK: Perilaku seksual yang kurang baik dikalangan remaja erat kaitannya dengan pengetahuan remaja yang kurang tentang seksualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang seksualitas dengan perilaku seksual remaja di SMA Negeri 1 Subang.
Metode yang digunakan adalahsurvei analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 293 siswa di SMA Negeri 1 Subang. Hasil data yang diperoleh kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi, dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan digunakan statistik chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang mempunyai pengetahuan seksualitas kurang sejumlah 64,3%. Sumber informasi remaja mengenai seksualitas mayoritas diperoleh dari teman 38,6%. Perilaku seksual remaja yang tergolong kurang sebanyak 2,7%. Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan seksualitas dengan perilaku seksual remaja, secara statistik p=0,000 < 0.05.Sebagai simpulanterdapat hubungan positif antara pengetahuan seksualitas dengan perilaku seksual remaja.
Kata kunci: pengetahuan seksualitas, perilaku seksual, remaja
Penulis: Marliana Rahma
Kode Jurnal: jpkebidanandd180003

Artikel Terkait :