GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG TERAPI BABY SPA DI PUSKESMAS KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR TAHUN 2016


ABSTRAK: Masa balita merupakan masa yang sangat penting dan memerlukan perhatian yang serius. Pada masa ini berlangsung proses tumbuh kembang yang sangat pesat yaitupertumbuhan fisik, psikomotorik, mental dan sosial. Kualitas tumbuh kembang pada masaini menentukan banyak aspek kehidupan, termasuk kesehatan, intelektualitas, prestasi danproduktivitas di kemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaranpengetahuan ibu nifas tentang terapi baby spa di Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur tahun 2016.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu nifas di Puskesmas Kecamatan Pulogadung yang berjumlah 136 ibu nifas. Sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapat 58 responden. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Intrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan pengolahan dilakukan secara manual.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar ibu nifas berpengetahuan cukup sebanyak 31 responden (53.4%), sebagian besar berusia 20-35 tahun dan berpengetahuan cukup yaitu sebanyak 27 responden (58.69%), sebagaian besar berpendidikan menengah (SMA-SMK) dan berpengetahuan cukup 25 responden (69.45%), berdasarkan pekerjaan sebagian besar tidak bekerja dan berpengetahuan cukup sebanyak 27 responden (57.5%), berdasarkan paritas sebagian besar pada primipara dan berpengetahuan cukup sebanyak 16 responden (61.54%), berdasarkan sumber informasi sebagianbesar pada media elektronik dan berpengetahuan cukup sebanyak 20 responden (55.56%).
Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar ibu nifas di Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur memiliki pengetahuan yang cukup tentang terapi baby spa. Sehingga diharapkan ibu dapat membawa bayinya untuk melakukan terapi baby spa guna meningkatkan tumbuh kembang bayinya.
Kata Kunci: Pengetahuan ibu nifas, terapi baby spa
Penulis: Bintang Petralina, SST, M.Keb.
Kode Jurnal: jpkebidanandd160257

Artikel Terkait :