Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kanker Serviks di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta Tahun 2016


ABSTRAK: Pengertian Kanker Serviks ataupun lebih dikenali sebagai kanker leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim /serviks yang merupakan bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina. Tujuan penelitian untuk mengetahui Untuk mengetahui Faktor faktor yang mempengaruhi kejadian kanker serviks di RS Pusat Pertamina pada periode tahun 2016 – 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik, dengan metode pendekatan cross sectional, menggunakan sistem random sampling, memakai data yaitu data sekunder , analisis menggunakan chi-square.
Hasil penelitian analisi univariat dari 83 responden yang sebanyak 46 ( 55,4 % ) responden yang berada dalam kategori stadium awal kanker serviks dan sebanyak 37 ( 44,6 % ) responden yang berada dalam kategori stadium lanjut  kanker serviks. Hasil uji  statistik dari 4 variabel terdapat 3 variabel yang berhubungan yaitu: usia (p-value = 0,000), pendidikan (p-value = 0,000), gaya hidup sehat (p-value = 0,018).
Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap, sumber informasi dengan kejadian kanker serviks dan tidak ada hubungan kejadian kanker serviks dengan paritas (p-value – 0,290), pekerjaan (p-value – 0,303). Saran bagi instansi agar lebih meningkatkan upaya promotif bagi semua masyarakat agar menyadari betapa pentingnya deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi.
Kata kunci: Kanker Serviks, Pengetahuan, Gaya Hidup Sehat
Penulis: Ella Nurlelawati, Tria Eni Rafika Devi, Imas Sumiati
Kode Jurnal: jpkebidanandd180002

Artikel Terkait :