FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI BPS ZUBAIDAH SYAH, S.ST KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017


Abstrak: Berdasarkan data prasurvey pada bulan Maret 2017 Di Puskesmas Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat, terdapat 10 ibu dengan bayi usia 0-6 bulan, berdasarkan data wawancara,terdapat 7 dari 10 ibu (70%) ibu dengan bayi usia 0-6 bulan tidak memberikan ASI namun susuformula, setelah dilakukan pengkajian lebih lanjut, 2 dari 7 ibu (28,6%) mengatakan tidak mengetahui tentang pentingnya pemberian ASI, 3 dari 7 ibu (42,8%) mengatakan karena sibuk bekerja yang banyak menyita waktu, dan 2 dari 7 ibu (28,6%) mempunyai pendidikan terakhir Sekolah Dasar (SD). Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian susu formula pada bayi usia 0-6 bulan Di BPS Zubaidah Syah, S.ST Kota Bandar Lampung Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan Rancangananalitik dan menggunakan pendekatan cross sectional. populasi dalam penelitian ini adalah rata-rataibu yang memiliki bayi dengan usia 0-6 bulan dalam setiap bulannya yang berjumlah 30 responden. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan chi square.
Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,046, 0,029 dan 0,011 atau p-value < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian Susu formula pada bayi usia 0-6 bulan Di BPS Zubaidah Syah, S.ST Kota Bandar Lampung Tahun 2017.Diharapkan kepada petugas kesehatan agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dengan cara memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu hamil tentang pentingnya pemberian Susu formula pada bayi.
Kata Kunci: Faktor-Faktor Yang Berhubungan & Pemberian Susu Formula
Penulis: Ike ate yuviska
Kode Jurnal: jpkebidanandd180105

Artikel Terkait :