ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU EMPU KUNIR 8 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA


Abstract: Usia balita merupakan masa pertumbuhan paling pesat namun juga merupakan paling rawan menderita gizi kurang maupun gizi buruk. Keadaan gizi kurang maupun gizi buruk dapat menurunkan daya tahan tubuh serta mengganggu pertumbuhan dan perkembangan. Masalah gizi juga berdampak luas  pada kesakitan, kecacatan dan kematian serta mempengaruhi sumber daya manusia yang berkualitas.
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan karakteristik ibu dengan status gizi balita di posyandu Empu Kunir 8 Rejowinangun Kotagede Yogyakarta.
Metode Penelitian : Jenis penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cros sectional. Penelitian ini dilaksanakan di posyandu Empu Kunir 8 Rejowinangun Kotagede. Populasi penelitian yaitu seluruh ibu balita di posyandu  Empu Kunir 8 sebanyak  43. Pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah sampel 43 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan KMS. Analisis data menggunakan uji korelasi kendall tau.
Hasil Penelitian : Ada hubungan antara pendidikan ibu dengan status gizi balita dengan  p-value 0.016 (<0.05). Ada hubungan antara status ekonomi keluarga dengan status gizi balita dengan  p-value 0.000 (<0.05). Tidak ada hubungan antara pekerjaan dengan status gizi balita dengan  p-value 0.526 (<0.05)
Kesimpulan : Ada hubungan antara pendidikan ibu status ekonomi keluarga dengan status gizi balita.
Kata kunci: Karakteristik ibu, gizi balita
Penulis: Vitrianingsih
Kode Jurnal: jpkebidanandd180080

Artikel Terkait :