ANALISIS IMPLEMENTASI KEGIATAN PROMOTIF DAN PREVENTIF DI PUSKESMAS KAMPUS PALEMBANG TAHUN 2010


ABSTRAK: Sebagian besar program Puskesmas yang ada selayaknya bersifat promotif dan preventif, namun pada kenyataannya kegiatan yang dijalankan Puskesmas sehari-hari tetap bersifat kuratif dan rehabilitatif, programprogram promotif dan preventif yang telah dirancang dengan baik di puskesmas seringkali tidak berjalan sesuai dengan tujuan awalnya, beberapa kendala seperti keterbatasan dana dan hasil yang diperoleh dari kegiatan promotif dan preventif dalam meningkatkan kualitas kesehatan seringkali muncul menjadi penghambat sulitnya programprogram tersebut untuk dijalankan dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kegiatan promotif dan preventif di puskesmas kampus Palembang tahun 2010.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian yang berupa wawancara akan dilakukan di Puskesmas Kampus Palembang pada bulan Juni 2010.
Hasil Penelitian : Implementasi kegiatan promotif dan preventif di Puskesmas Kampus Palembang belum berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, Beberapa kegiatan promotif dan preventif yang telah direncanakan tidak dijalankan secara terjadwal, bahkan beberapa program belum dijalankan sama sekali, Faktor penghambat dalam implementasi kegiatan promotif dan preventif di Puskesmas Kampus Palembang yang paling berperan adalah kurangnya biaya, kurangnya petugas kesehatan, kurangnya kerjasama petugas kesehatan, kader dan masyarakat serta belum ada sistem manajemen yang baik dalam menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut, Dari beberapa program promotif dan preventif yang telah dijalankan dengan baik memberikan hasil yang baik berupa perubahan perilaku kesehatan masyarakat.
Kesimpulan : Diperlukan sistem manajemen kesehatan yang baik di Puskesmas Kampus Palembang agar kegiatan promotif dan preventif dapat berjalan optimal sesuai dengan yang telah direncanakan
Kata Kunci: Implementasi, Promotif & Preventif, Puskesmas
Penulis: Mariatul Fadillah
Kode Jurnal: jpkesmasdd120441

Artikel Terkait :