PROBLEM DAN TANTANGAN PUSKESMAS DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DALAM MENDUKUNG SISTEM RUJUKAN MATERNAL DI KABUPATEN KARIMUN PROVINSI KEPRI TAHUN 2012

ABSTRAK: Memperkuat sistem rujukan merupakan salah satu cara dalam mempercepat penurunan angka kematian ibu. Faktor utama yang mempengaruhi sistem rujukan seperti fasilitas, tenaga, SOP, kerjasama tim, transportasi, komunikasi, dan pendanaan perlu mendapatkan perhatian serius dari semua stakeholders yang terlibat dalam program kesehatan ibu. Dengan memperkuat sistem rujukan adanya problem dan tantangan puskesmas dalam mendukung sistem rujukan maternal ke Rumah Sakit Umum Daerah dapat diatasi.
Tujuan: melakukan evaluasi sistem rujukan kesehatan ibu di Kabupaten Karimun Propinsi Kepri dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
Metode: Penelitian ini bersifat kualitatif dengan desain studi kasus di RSUD Karimun dan di dua wilayah puskesmas yang angka kematian ibu dan bayinya tinggi yaitu Puseksmas Meral dan Puskesmas Moro. Kedua puskesmas ini juga merupakanwilayah perkotaan dan perdesaan. Data diambil dengan cara wawancara mendalam (in-dept interview), focus grup discussion, pengamatan dan check list dan telaah berbagai dokumen.
Hasil: masih ada keterbatasan sumberdaya di pelayanan dasar seperti sarana dan peralatan, dan belum disiapkannya RSUD sebagai rumah sakit mampu PONEK, walaupun aktifas pelayanan 24 jam sudah berjalan. Kurangnya kerjasama tim antar level rujukan yang melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten, RSUD dan puskesmas, belum lengkapnya SOP,lemahnya sistem informasi dan alur rujukan yang by pass masihditemukan. Keterlibatan masyarakat dalam sistem rujukan sangat tinggi, walaupun persalinan dengan dukun masih ditemukan. Kondisi ini lebih disebabkan karena faktor budaya.
Kesimpulan: Masih ditemukan beberapa problem dan tantangan yang dihadapi puskesmas dan RSUD dalam mendukung proses rujukan maternal di Kabupaten Karimun. Diperlukan beberapa kebijakan meliputi percepatan RSUD sebagai rumah sakit mampu PONEK, penguatan kerjasama timantar level rujukan, dan pembuatan SOP kasus-kasus maternaldisertai mekanisme rujukannya yang merupakan langkah awal dalam mengatasi problem dan tantangan ini.
Kata Kunci: Problem dan tantangan, Rujukan Maternal, Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah
Penulis: Zulhadi
Kode Jurnal: jpkedokterandd130496

Artikel Terkait :