PERAN SERTA RUMAH SAKIT SWASTA DALAM PROGRAM KESEHATAN IBU DAN ANAK STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT ISLAM YOGYAKARTA PDHI

ABSTRAK: Keterbatasan pemerintah menjadi hambatan bagi masyarakat dalam memanfaatkan layanan KIA. Peranswasta ini tidak dapat begitu saja diabaikan karena jumlah RS lebih banyak dibanding jumlah RS pemerintah dan pertambahan jumlahnya juga lebih cepat daripada pertambahan RS pemerintah.
Tujuan: Penelitian untuk mengeksplorasi dan memahami peran serta RS swasta di dalam program KIA pemerintah melalui studi kasus di RS Islam Yogyakarta PDHI serta mengeksplorasi kelayakan RS swasta sebagai penyedia layanan program KIA.
Metode: Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Variabel meliputi sumber daya, peran serta, hambatan dan tantangan, serta nilai strategis. Pengumpulan data melalui wawancara kepada responden dari pengurus Yayasan, direktur, manajer, staf fungsional, dan pasien/keluarganya, melalui pengamatan lapangan, dan penelusuran dokumen.
Hasil: RS swasta berperan besar dalam program KIA pemerintah melalui potensi layanan KIA yang dimiliki, fasilitas sarana dan prasarana, dan sumber daya dokter dan paramedis. RS swasta menemui hambatan dalam melaksanakan program KIA, seperti tarif asuransi pemerintah tidak sesuai dan diskriminasi tarif berdasarkan kelas RS. Pemerintah belum optimal dalam mensosialisasi panduan program KIA di RS swasta dan sistem rujukan masih belum baik.
Kesimpulan: Peran serta RS swasta dalam program program KIA belum optimal, dipengaruhi oleh faktor kerjasama pembiayaan program KIA oleh pemerintah, sistem rujukan, dan fasilitasi pemerintah untuk pengembangan sarana, prasarana, dan tenaga medis, serta kurangnya sosialisasi panduan program KIA.
Kata kunci: peran serta, RS swasta, kesehatan ibu dan anak
Penulis: Widodo Wirawan, Mohammad Hakimi, Mubasysyir Hasanbasri
Kode Jurnal: jpkedokterandd150551

Artikel Terkait :