Peningkatan Kapasitas Produksi dan Kualitas Dendeng Sapi Di UD. Ridwan S Kefamenanu Melalui Kegiatan Ipteks Bagi Masyarakat

Abstrak: Usaha pengolahan daging sapi menjadi dendeng yang diproduksi oleh UD “Ridwan S” dengan merk dagang “VIVI” berlokasi di Kota Kefamenanu merupakan satu-satunya usaha pengolah daging sapi di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur telah memiliki pangsa pasar yang cukup luas termasuk di wilayah kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Belu (Atambua). Dengan harga yang terjangkau dalam setiap kemasannya dan rasa yang enak membuat produk dendeng ini selalu eksis di pasaran dan dinantikan oleh konsumen, bahkan saat ini karena meningkatnya pangsa pasar membuat ketersediaan produk dendeng “VIVI” belum mencukupi kebutuhan pasar.
UD “RidwanS” memproduksi dendeng dari bahan mentah daging sapi 30 kg/minggu yang dijadikan produk dendeng  15 kg dendeng/minggu yang dikemas dalam ukuran berat yaitu 200 g dan 400 g dengan kemasan yang masih sangat sederhana. Harga jual dendeng per bungkus berkisar Rp.70.000-Rp.140.000. Kapasitas produksi yang masih dikategorikan rendah dikarenakan keterbatasan alat yang tersedia dalam proses pengolahan dendeng  seperti pada pengirisan daging yang masih manual dikerjakan oleh seorang tenaga kerja saja, sehingga membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk menyelesaikan irisan daging sapi tersebut.Selain itu produksi dendeng terhambat saat musim hujan karena UD “Ridwan S” belum memiliki alat pengering untuk menggantikan penjemuran dengan sinar matahari yang biasa dilakukan.
Metode yang diterapkan pada kegiatan IbM  adalah berupa transfer Ipteks yang dapat meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas hasil produksi dendeng yaitu perbaikan proses pembuatan dendeng berupa desain alat pengiris daging agar memiliki ketebalan dan ukuran yang sama, desain alat pengering dendeng agar tetap berproduksi pada musim penghujan, perbaikan kemasan untuk dapat meningkatkan daya tarik konsumen dan memperpanjang umur simpan dendeng.
Kata kunci: dendeng, dendeng “Vivi”, UD “Ridwan S”
Penulis: endah mulat satmalawati
Kode Jurnal: jppeternakandd170241

Artikel Terkait :