PELAKSANAAN PENGAWASAN INTERN OLEH DEWAN PENGAWAS DALAM RANGKA MENUJU OPTIMALISASI KINERJA STUDI KASUS RSUD BLUD DR. H.M. RABAIN KABUPATEN MUARAENIM

ABSTRAK: Pengawasan adalah suatu upaya yang sistematik untuk menetapkan kinerja standar pada perencanaan untuk merancang sistem umpan balik informasi, untukmembandingkan kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan, untuk menetapkan apakah telah terjadi suatu penyimpangan tersebut, serta untuk mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya perusahaan atau pemerintahan telah digunakanseefektif dan seefisien mungkin guna mencapai tujuan perusahaan atau pemerintahan. Rumah sakit merupakan salah satu bagian integral yang penting sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga perlu pengawasan secara khusus upaya dalam meningkatkan kinerja rumah sakit tersebut. Dalam rangka itu, pemerintah menetapkan bahwa rumahsakit BLUD perlu memiliki dewan pengawas.
Tujuan: Untuk mengetahui efektifitas pengawasan yangdilakukan oleh dewan pengawas terhadap kinerja rumah sakit BLUD.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling, dengan jumlah sampel 11 orang.
Hasil penelitian: Pelaksanaan pengawasan intern di rumah sakit oleh dewan pengawas secara keseluruhan belum memenuhi standar yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu standar audit APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah).
Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini: (a) dewan pengawas di RSUD BLUD dr.H.M. Rabain belum sepenuhnya melakukan pengawasan sesuai dengan standar dan (b) dewan pengawas yang ada belum dapat memberikan sumbangan positif dalam mewujudkan good governance dan clean governance. Tindak lanjut hasil pengawasan dewan pengawas di RSUD BLUD dr.H.M Rabain belum sesuai dengan standar yang berlaku. Dari hasil pengawasan belum terlihat dampak peningkatan kinerja rumah sakit secara signifikan yang menunjukkan bahwa rumah sakit dalam kondisi sehat atau tidak sehat.
Kata Kunci  Pengawasan intern, dewan pengawas, RSUD dr.H.M. Rabain, Kabupaten Muara Enim
Penulis: Andi, Laksono Trisnantoro
Kode Jurnal: jpkedokterandd140625

Artikel Terkait :